Cara Membuat dan Mendapatkan Sitelink Google Pencarian

Cara mendapatkan sitelink Google dan membuatnya sudah diketahui oleh banyak penulis blogger. Jadi, anda sebagai owner situs web atau blog tak perlu lagi risau, karena anda dapat membuat beberapa tautan link (sitelink) sendiri dengan cara-cara yang disukai oleh spiderbot atau algoritma Google pencarian.

Cara membuat sitelink Google ini tentu saja lebih alami/natural (organik) dan lebih mudah diterapkan di blog atau website anda agar cepat mendapatkan sitelink di Google pencarian. Artikel ini saya buat dan saya posting bermula dari beberapa webmaster yang menanyakan tentang tautan situs (sitelink/sitelinks).

Mas, apakah ada cara cepat, ampuh dan mudah untuk memperoleh atau mendapatkan sitelink Google? Jika ada, apa saja langkah membuat sitelink muncul di hasil pencarian mesin pencari Google?

Mudah atau tidaknya membuat sitelink Google atau tautan situs (sitelink) di hasil pencarian Google bergantung pada kemampuan penulis konten artikel itu sendiri dalam menerbitkan posting artikel yang unik, bermanfaat dan original.

Ada beberapa bagian paling mendasar pada pembahasan kita kali ini mengenai cara Google memberikan hadiah sitelink di hasil pencarian/penelusuran Google. Berikut mengenai 4 bagian terbaik untuk mendapatkan dan membuat sitelink di Google pencarian.
Membuat Sitelink Google dan Mendapatkan Sitelink Google
Sitelink Google (Gambar oleh: Sitelinks - Search Console Help)

1. Memaksimalkan lalu lintas (trafik) blog/website organik

Agar situs web/blog anda memiliki trafik organik yang dominan dan stabil, anda perlu belajar cara mendapatkan dan meningkatkan pengunjung organik mulai dari sekarang. Dengan disiplin ilmu yang baik dan benar, posting artikel anda di sebuah website/blog akan memiliki kemungkinan bersaing ketat dan berada pada posisi terbaik pada mesin pencari Google.

Semakin dominan trafik organik yang dihasilkan oleh blog/website anda, semakin cepat algoritma google memberikan hadiah berupa sistem navigasi sitelink di hasil pencarian Google untuk nama situs web/blog anda.

Sitelink dari Google bisa anda lihat dengan cara menulis nama blog anda pada kolom mesin pencarian Google menggunakan web browser yang fresh untuk hasil akurat tanpa intervensi cookie dan cache browser.

2. Navigasi jelas dan desain template sepenuhnya rampung

Navigasi konten contohnya seperti label, arsip blog, artikel terkait, artikel terbaru, menu atau kategori, internal plus eksternal links dan lain sebagainya. Kesemuanya harus anda bangun dengan baik. Hal paling umum yang dilakukan para Blogger (webmaster) yakini hanya mengedit atau mengganti sebagian navigasi, tata letak pada template dan mengabaikan navigasi lainnya dalam waktu lama.

Seharusnya, hal semacam itu tak perlu terjadi mengingat navigasi yang tak digunakan bisa dihilangkan dan ditambahkan saat diperlukan saja. Jika desain sudah sepenuhnya rampung, jangan ubah-ubah tata letak atau struktur template dalam waktu singkat, agar googlebot lebih cepat mengenali situs anda di mesin pencari Google.

Setelah halaman situs milik anda dikenal baik oleh googlebot, maka googlebot (algoritma google untuk tautan situs) akan memberikan keputusan tautan situs (sitelink) apa saja yang layak muncul/tampil untuk situs web/blog di hasil pencarian Google.

Catatan: Sitelink di Google tetap menjadi milik anda walaupun suatu saat nanti anda menggantinya dengan template website/blog yang baru dan berbeda.

Template memang memengaruhi cara kerja robot perayap (spiderbot) atau algoritma mesin pencari dalam memberikan penilaian dan hadiah terbaik pada situs web/blog. Bentuk hadiah/apresiasi googlebot mulai dari sitelink, label di hasil pencarian, sampai posisi terbaik ranking artikel di SERP Google.

Anda jangan terlalu memusingkan diri soal template yang kurang SEO friendly, karena hadiah yang didapatkan tersebut bukan semata mata hanya karena template, tapi lebih kepada kekuatan konten di situs web/blog itu sendiri.

Jika isi konten di website atau blog anda jauh dari harapan, template super SEO friendly dari pembuat template terkenal diseluruh dunia sekali pun tak menjamin dapat membuat situs anda bernilai tinggi dan memiliki sitelink di Google pencarian.

Tak heran, beberapa situs web/blog yang memiliki template standar mampu bersaing ketat di hasil pencarian Google dan mendapatkan sitelink di Google pencarian.

Sitelink/sitelinks tetap diberikan robot perayap milik Google secara otomatis karena isi konten dianggap berkualitas, relevan dan bernilai tinggi bagi pengguna mesin pencari Google.

3. Membuat pengunjung (visitor) kembali lagi dan lagi

Googlebot memiliki tolak ukur ini untuk memberikan nilai tambah tersendiri bagi website atau blog di hasil pencarian Google. Dengan cara membuat pengunjung kembali lagi dan lagi, nilai kepentingan situs di mata spiderbot atau googlebot akan meningkat.

Googlebot menandai situs yang memiliki pengunjung setia sebagai situs yang berhasil memberikan pengalaman pengguna yang baik di mesin pencari, sehingga pada akhirnya halaman situs web/blog tersebut memiliki nilai kepentingan dan otoritas.

Mempunyai pengunjung setia adalah idaman bagi para Blogger atau webmaster diseluruh dunia. Mengapa? Karena pengunjung blog/web tidak akan kembali lagi untuk membaca posting artikel lainnya di situs web/blog kita jika pengunjung tak mendapatkan atau menemukan kepuasan dan manfaat dari isi konten artikel yang kita publikasikan.

Skema pengunjung berkali-kali kembali lagi atau menjelajah berulang kali dengan cara hikmat lah yang akan membuat sistem algoritma menandai sebagai situs penting dan berguna bagi pengguna mesin pencari Google. Pola ini terlihat saat browser anda sering kembali di suatu situs, maka akan ada navigasi sitelink sementara berdasarkan cacha dan cookie browser.

Pada umumnya, situs web/blog dengan satu kategori (niche spesifik) atau micro niche lebih mudah membuat pengunjung menjadi setia dan kembali lagi dan lagi. Konsep ini lah yang dibangun algoritma google untuk menambahkan sub links atau tautan situs (sitelink) di Google pencarian.

Jangan heran, website atau blog yang memiliki konten dengan pembahasan lebih terarah atau spesifik (saling terkait), akan lebih mudah mendapatkan sitelink di Google pencarian. Kesadaran ini lah yang membuat saya mengaitkan satu sama lain artikel dalam balutan internal link yang relevan agar blog gado-gado saya mudah mendapatkan sitelink.

Mengenai persentase pengunjung blog/website meningkat secara organik atau non organik, googlebot akan tahu itu, bahkan saat ada pola pengunjung kembali berkali-kali yang dibuat oleh anda sendiri.

Googlebot dengan mudah mendeteksi pola mencurigakan tersebut dan menandai sebagai tindakan tidak valid. Jadi, berhenti lah melakukan hal yang dapat membuat googlebot mencurigai aktivitas tersebut, agar tim ahli lalu lintas Google tidak melakukan review manual terhadap situs web/blog anda.

Pola kunjungan tidak valid itu contohnya seperti mekanisme tipuan yang dilakukan oleh pemilik situs web/blog itu sendiri untuk mendapatkan page view tinggi dan memberikan kesan bahwa situs telah dikunjungi berkali-kali oleh pengguna lain melalui mesin pencari Google.

4. Membuat konten artikel yang unik dan berharga

Google pencarian butuh konten unik dan berharga atau original, karena sesuatu yang langka akan menjadi istimewa bagi sebagian besar pengguna internet (netizen). Secara sederhana seperti ini; Apa perasaan anda saat membaca artikel mengenai "cara membuat facebook"?

Kemungkinan besar anda sebagai pengunjung akan segera meninggalkan konten artikel seperti itu, karena pola pada artikel sudah umum dan banyak di bahas oleh penulis lain dengan struktur penjelasan yang sama, terlebih anda juga sudah tau tentang pembahasan itu.

Apakah anda terpaksa menulis artikel dengan judul dan struktur isi yang sama karena keterbatasan ide membuat artikel?

Tak masalah membuat atau mengisi artikel di blog setiap hari dengan cara seperti itu, asalkan anda mau menulis hal yang sama jauh lebih lengkap dan jauh lebih mudah dipahami. Jika anda tidak sanggup, sebaiknya buat struktur pola atau kerangka penjelasan yang berbeda.

Kesimpulan

Cara mendapatkan sitelink di Google pencarian dan membuat blog memiliki sitelink bisa dikatakan tidak mudah, tapi juga tidak sulit. Mengenai cara mendapatkan dan membuat sitelink Google ini mungkin masih ada sebagian pembaca yang merasa bingung.

Bagi yang masih merasa bingung, silakan anda ke google pencarian, setelah itu gunakan kata kunci yang berhubungan dengan cara membuat sitelink Google atau bisa juga menggunakan kata kunci cara mendapatkan sitelink Google.

Silakan baca dan bandingkan artikel ini dengan artikel lain di hasil pencarian Google. Di sini anda akan menemukan kerangka atau struktur penjelasan yang berbeda. Walaupun berbeda, bukan berarti cara mendapatkan dan membuat sitelink dari Google dalam artikel ini asal-asalan dibuat.

Cara mendapatkan sekaligus cara membuat sitelink Google pada artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman dan pemahaman pribadi. Struktur konten, pembahasan dan pemahaman yang langka dan berbeda dalam artikel ini lah yang nantinya akan membentuk sistem sitelink.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

28 Responses to "Cara Membuat dan Mendapatkan Sitelink Google Pencarian"

  1. Replies
    1. Terima kasih mas Bhotol. Ayo semangat dipraktikan, semoga segera mendapatkan sitelinks dari google.

      Delete
    2. Sepertiya saya sudah dapat

      Blogtersehat

      Delete
    3. Sip mas Agus. Barusan saya cek dan ternyata benar blog mas Agus sudah memiliki sitelink dari Google. Hehe..

      Delete
  2. manteb nih.. blog ny ku lihat di google jg muncul sitelink ny...
    jadi pengen punya..
    ku terapin dl y ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. Sitelinks untuk blog saya mungkin sedikit, belum sampai 6 apalagi 8 ya mas? Tapi alhamdulillah kalau sudah ada. Ayo action mas dan buat blog mas Febri diperhitungkan oleh sistem algoritma google pencarian, biar navigasi sitelinks otomatis muncul di hasil pencarian google.

      Delete
  3. Iya Mas Nino bener, aku juga ngerasa umumnya situs populer yang emang dari segi konten kuat dan selalu update alias orang tambah penasaran dan haus informasi. Loyalitas pengunjung emang paling juara.. btw biar dapet powered by google itu gimana ya Mas? Kok adsense punyaku gak gitu yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, beberapa situs populer umumnya memang memiliki tautan situs (sitelinks) dan ada beberapa situs populer yang jarang update informasi tapi tetap saja mendapatkan hadiah sitelinks dari google search. Setelah di analisa, ternyata blog/web populer tersebut memiliki informasi atau posting artikel dengan satu niche/tema atau memiliki isi konten yang lebih spesifik.

      Powered By Google yang dimaksud itu bentuk hadiah bagi publisher adsense mas Listomo. Sistem algoritma untuk AdSense memberikan fitur itu hanya untuk situs web/blog yang masuk kriteria perhitungan mereka saja.

      Umumnya para publisher menyebut sebagai fitur Matched content. Google memberikan hadiah untuk publisher yang memiliki beberapa kriteria tertentu. Silakan Googling tentang hal itu untuk informasi lebih lanjut mengenai kriteria Matched content. :)

      Delete
  4. Kalo misalnya konten kita cuma ada 2 biji yang paling sering dikunjungi, sementara yang lainnya tidak, apa masih ada harapan buat dapet sitelink?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih mungkin mas, apalagi konten artikel dalam blog/web tersebut bukan gado-gado. Perlu diketahui, bahwa mekanisme tautan situs (sitelinks) tidak harus menampilkan halaman yang sering dikunjungi atau dibaca oleh pengguna internet, tapi lebih kepada hal-hal yang sudah saya utarakan di artikel atas.

      Delete
  5. Saya sudah dapet sitelink tapi harua pakai keyword yang panjang.

    Blog saya maszal adventure, pas aaya ketik kalimat tsbt sitelinksnya gak muncul, tapi kalau saya ketik, *maszal pemalang adventure warungpring pemalang" baru kelihatan sitelinksnya, iki piwe yo mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Zainal belum dapat mas, itu sitelinks palsu karena intervensi cookie dan chace browser seperti yang sudah saya utarakan di artikel atas. Gunakan browser yang fresh yang tidak pernah digunakan untuk login akun Blogger atau Google plus, atau bisa juga hapus cookie dan chace browser terlebih dahulu. Keyword panjang itu sudah saya cek dan tidak ada sitelinks nya mas.

      Delete
  6. Oooo berarti yg penting bikin yg pernah dtg itu dateng lg ya

    -M.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan hanya itu, tapi ada beberapa poin yang perlu dikombinasikan. Beberapa poin untuk mendapatkan sitelink Google sudah saya ulas di atas. Hehe..

      Delete
  7. Saya pingin deh buat sitelink untuk blog saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mas kalau gitu action. Terakhir sitelink blog saya ada dua, gak tau kalau sekarang ada berapa di web browser orang lain, soalnya ada yang ngasih tau jumlah sitelink ada 6 sekarang. Kunci mendapatkan sitelink dari Google itu bahan dasarnya konten yang saling terkait dan trafik organik.

      Delete
  8. wah baru tahu saya mas, terimakasih artikelnya..
    mohon bimbingannya... sapa tau blog saya juga mendapatkan sitelink

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali mas. Ayo buat sitelink blog di Google pencarian biar navigasi di mesin pencari Google lebih terlihat ramai dan profesional. Hehe..

      Delete
  9. pernah dapet sitelink tapi kok ilang lagi ya mas, kapan baliknya? hemm :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. Kalau sudah pernah dapat sitelink dari Google search, suatu saat pasti kembali lagi kok, dengan beberapa catatan sebagai berikut:
      1. Jangan terlalu sering merubah template, agar sitelink melekat.
      2. Update artikel secara rutin, minimal satu kali dalam seminggu.
      3. Artikel harus benar-benar original dan unik.
      4. Traffic organik posisi nya lebih tinggi dari traffic non organik seperti refferal, kunjungan langsung dan semacamnya.

      Delete
    2. Pint 1 nih penyebabnya kayaknya. Kebetulan baru ganti thema mas, googe masih bingung mungkin baca sitelink blog

      Delete
    3. Wah iya itu, saya juga dulu waktu sitelink blog hilang gara-gara suka gonta-ganti template blog mas. Hindari itu dan tunggu, kurang dari 6 bulan sitelink blog bakal muncul di hasil penelusuran Google.

      Delete
  10. Jadi semacam gift dri google yah mas bro bagi blog yg memiliki kualitas dan pengunjung yg banyak serta stabil jika saya baca dari artikel yang ringan dan bahasa yang amat dimngerti di blog ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, selain trafik organik yang lumayan, konten artikel yang jauh dari duplikasi dan mengikuti pedoman mutu webmaster biasanya akan lebih cepat mendapatkan hadiah sitelink dari Google pencarian. :)

      Delete
  11. kalau punya saya kok aneh ya mas,saat login akun google terus saya coba ketikkan blog saya muncul sitelink tapi kalau posisi logout akun saya coba ketikkan lagi blog saya tidak ada sitelinknya hehe itu apa tanda2 mau dapat sitelink mas hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa iya, bisa juga nggak. Hehe.. Karena cara yang benar untuk melakukan cek keberadaan sitelink di hasil penelusuran Google adalah dalam keadaan tidak login dan browser sudah bersih dari cookie serta chache atau data riwayat browser. :)

      Delete
    2. sudah muncul kok mas hehe saya cek muncul walaupun cuma dua hehe terima kasih mas nino

      Delete
    3. Oke mas Hari, terima kasih kembali. :)

      Delete

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.