5 Cara Mendapatkan dan Meningkatkan Pengunjung Organik

Cara mendapatkan dan meningkatkan pengunjung organik (organik trafik) di blog bisa dikatakan gampang-gampang susah, oleh karena itu beberapa waktu yang lalu saya pernah membuat artikel "cara meningkatkan pengunjung blog? Blogger pemula berpikir tentang trafik blog". Apa korelasinya? Pemilik blog/website perlu mempertimbangkan tips dan trik melakukan peningkatan visitor organik dengan memahami bagaimana pola mesin pencari bekerja menggunakan strategi SEO.

Strategi atau trik paling dasar untuk mengoptimalkan situs yang bisa anda lakukan mulai dari On-Page sampai ke Off-Page SEO yang lebih kompleks dan juga modern (SEO: Search Engine Optimization).

Cara Mendapatkan Sekaligus Meningkatkan Pengunjung Organik Blog
Sumber Penelusuran Organik Untuk Blog


Pengertian tentang pengunjung (visitor) organik

Pengunjung organik adalah pengunjung (visitor) yang berkunjung ke blog/website melalui mekanisme kueri penelusuran mesin pencari berdasarkan kata kunci (keyword) yang di ketik dan ditemukan oleh pengguna mesin pencari. Hasil pencarian organik bisa disingkat dengan istilah OSR (Organic Search Result).

Nah, pertanyaan yang ada di benak kita semua adalah; apakah ada cara meningkatkan pengunjung organik blog dan mendapatkan nya secara cepat dan mudah?

Meningkatkan visitor organik atau cara mendapatkan pengunjung organik blog secara natural dari mesin pencari bukan lah hal paling utama untuk menghasilkan lalu lintas yang melimpah, namun cara ini masih di akui sangat efektif dan efisien guna mendongkrak peningkatan lalulintas blog/website, mengingat segala sesuatu yang alami (organic) dapat menghemat biaya.

Apakah pemilik blog/website wajib memahami dan menggunakan teknik search engine optimization (SEO) untuk mendapatkan pengunjung organik secara optimal? Tentu saja.

Walaupun anda sebagai pemilik situs tidak diwajibkan memahami secara holistik praktik optimasi mesin pencari, minimal anda mau belajar dan mampu mengikuti perkembangan SEO mulai dari kaidah penulisan artikel SEO, sampai ke struktur SEO pada template blog/website.

Perkembangan ilmu SEO dan teknik pendukung SEO pada website atau blog di fokus kan agar pemilik situs lebih mudah membangun dan mengembangkan blog dengan traffic yang berasal dari mesin pencari (search engine).

Mengapa harus mengikuti perkembangan informasi SEO terbaru?

Perkembangan ilmu SEO sangat berpengaruh dan penting sebagai penguat eksistensi blog atau website anda di mesin pencari, mengingat algoritma mesin pencari selalu berubah-ubah pergerakan nya. Cara meningkatkan pengunjung organik blog secara mudah dan cepat sebetulnya bagian dari kemustahilan.

Mengapa cara cepat mendapatkan pengunjung organik menjadi mustahil? Tentu saja, terkecuali pengelola situs mau menyisihkan sedikit biaya untuk membuat iklan di AdWords.

Segala sesuatu yang alami atau natural (organik) membutuhkan proses, jika anda mudah menyerah dan tidak memiliki kesabaran, pertimbangkan untuk mempelajari ilmu SEO, mengingat karakter anda adalah penentu bisnis anda, maka segera putuskan pilihan anda sekarang juga.

Pengunjung (visitor) adalah bagian dari proses terjadinya konversi pendapatan dan keuntungan anda sebagai pengelola situs. Semakin melimpah pengunjung blog/website, semakin besar kemungkinan meningkatnya nilai konversi penghasilan anda.

Google menyediakan jasa agar halaman blog atau website dapat tampil di halaman pertama dan paling atas pada halaman mesin pencarian (Google SERP) dengan perpaduan strategi Google Adwords. Apa itu Google Adwords? Silakan anda baca artikel saya sebelumnya mengenai Produk Google AdWords.

Berikut saya bagikan 5 cara mendapatkan dan meningkatkan trafik organik blog berdasarkan pengalaman dan pengetahuan ilmu SEO yang saya miliki.

  1. Membuat artikel yang berkualitas
  2. Belajar SEO
  3. Membuat konten unik dan berharga
  4. Membuat judul artikel yang menarik
  5. Membuat gambar pendukung sendiri

Kesimpulan

Semakin ramai orang-orang berdatangan tanpa susah payah anda undang, semakin bernilai lahan tersebut. Konsep ini tak ubahnya seperti tanah/lahan yang berlokasi di pinggir kota atau tempat-tempat ramai yang dianggap sangat potensial untuk membangun bisnis, apa pun itu jenis bisnisnya.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

24 Responses to "5 Cara Mendapatkan dan Meningkatkan Pengunjung Organik"

  1. Keren, selangkah lebih maju. Good job bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih om. Lagi belajar SEO blog nih, soalnya jasa SEO untuk blog rata-rata harganya lumayan mahal.

      Delete
  2. intinya belajar SEO itu wajib untuk semua blogger indonesia agar mendapatkan trafik yang tinggi dan pastinya mendapatkan trafik organik ya mas, saya belum terlalu paham dengan SEO jadi masih bingung cara optimasinya yang bener tuh kaya gimana hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pelan-pelan aja belajar SEO nya, insyaallah nanti bakal paham dengan tips dan trik SEO. Yang terpenting ada tekat kemauan, usaha dan juga ada komitmen untuk action.

      Semua ilmu ada prosesnya, termasuk ilmu menahlukan mekanisme mesin pencari menggunakan strategi search engine optimization (SEO).

      Kalau kita pengen cepat Page One dan membuat trafik organik melimpah tanpa proses belajar SEO, berarti kita harus sedia modal untuk menyewa pakar dibidangnya.

      Pakar dibidangnya dalam hal ini adalah kelompok atau individu yang membuka penawaran "Jasa SEO", baik Off-Page dan On-Page SEO.

      Selain itu juga kalau kita nggak mau pusing mikirin praktik SEO, kita bisa menggunakan jasa periklanan Google yang dikenal luas sebagai Google Adwords. Hehe..

      Delete
  3. meski sudah lama banyak yg membicarakan soal SEO tapi saya sendiri baru sadar dari pertengahan tahun kemaren dan mulai belajar dan ingin faham soal SEO... :D
    sampe sekarang masih belum nancep juga tentang SEO hedeeeehhh... hiks... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pelan-pelan dan bertahap belajar nya, saya yakin mas Wahyu bakal bisa juga asal mau belajar dan punya komitmen untuk belajar SEO. Kunci sederhana dalam SEO modern sebetulnya simple, yakni tingkatkan pengalaman pengguna, faktor UX adalah pondasi paling kuat saat ini.

      Delete
  4. Siip nantikan saya ikut,coba buat post ttng blog lagi nanti bila ada waktu.
    salam sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke mantap mbak. Salam sukses juga untuk mbak Erica. :)

      Delete
  5. Sangat membantu bagi pemula seperti saya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih sudah mau mampir sob. Hehe..

      Delete
  6. Mas belajar SEO melalui Webmaster tool? maksudnya? maaf saya masih baru. Mohn penjelasan

    ReplyDelete
  7. Terima kasih sudi berkongsi bagaimana mahu dapatkan trafik organik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali untuk bang Kamil yang sudah mampir di blog ini. Semoga bermanfaat.

      Delete
  8. makasih info nya om, sangat membantu sekali dalam meningkatkan traffic blog bagi saya yang pemula ini. salam berkunjung om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali dan salam kenal bos. Kita sama2 pemula kok. Happy blogging. :)

      Delete
  9. apakah template juga pengaruh mas ya,,soalnya sblum ganti template yang saya pakai sekarang ini view lmyan,skrng ganti malah anjlok.tolong kasih saran mengenai hal ini templatenya,,maaf nubi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengunjung organik bisa menurun banyak faktor nya mas. Bisa karena kalah persaingan di SERPs, keywords sedang tidak musim, posisi di SERPs ada perubahan, dll.

      Kalau saya ditanya apakah template berpengaruh terhadap kunjungan dari mesin pencari? Tentu jawabanya sangat berpengaruh.

      Tapi jgn cepat2 ngambil kesimpulan mengenai penurunan traffic organik gara-gara template blog, kecuali udh jalan 30 hari terhitung dari saat selesai oprek template blog.

      Delete
  10. allhamdllah saya mulai mendalami teknik2 seo mas semoga saja ada perubahan serta peningkatan yang signifkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Semoga belajar nya membuahkan hasil yang baik Mbak. Mendatangkan pengunjung organik itu artinya pengunjung yang datangnya dari mesin pencari (SERPs). Dengan kesadaran itu, hal yang paling mendasar adalah mendalami tiap-tiap pedoman webmaster mesin pencari. :)

      Delete
  11. Sangat menarik gan untuk memacu ane lebih mendalami SEO. tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih dan selamat terpacu gan, semoga belajar SEO nya sukses diterapkan di blog.

      Delete

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.