Cara Menjadi Seorang Blogger Untuk Pemula - Nino Artikel

Cara Menjadi Seorang Blogger Untuk Pemula

Bagaimana sih cara menjadi blogger atau seorang blogger? Kok beberapa teman dan orang-orang bisa sampai menghasilkan uang dari internet melalui website/blog? Kalimat tersebut saya yakin pernah terselip di pikiran Anda. Selain itu mungkin juga pernah terbesit kalimat "blogger itu maksudnya apa?".

Sebelum ke inti pembahasan sedikit kita kupas mengenai "apa itu blogger". Blogger yang saya maksud di sini bukan platform, tapi sebuah istilah unik yang ditujukan untuk kelompok atau individu yang memiliki website atau blog.

Menjadi blogger mau tidak mau harus menyukai kegiatan tulis menulis artikel di website/blog dan tentunya melakukan perawatan website/blog itu sendiri.
Cara Menjadi Seorang Blogger Untuk Pemula
Ilustrasi: Tampilan Blog atau Website
Bagaimana langkah menjadi blogger?! Untuk menjadi seorang blogger memerlukan modal dasar. Nah, kira-kira apa saja modal dasar nya. Beberapa modal dasar menjadi seorang blogger adalah sebagai berikut:
  • Memiliki blog atau situs website
  • Menentukan pembahasan/tema blog
  • Menentukan target pembaca blog
Dengan tiga modal dasar tersebut kita sudah bisa disebut sebagai blogger, terlepas dari amatiran atau profesional.

Masih bingung dengan beberapa modal dasar untuk menjadi seorang blogger tersebut?! Tenang, saya akan jelaskan satu persatu. Berikut beberapa modal dasar menjadi seorang blogger.

Memiliki blog atau Website

Kita bisa membuat website/blog di layanan mana pun yang menyediakan pembuatan website/blog. Sudah banyak tersedia platform atau layanan gratis untuk membuat website. Blog yang sudah dibuat nantinya akan dijadikan wadah atau penampungan hasil karya tulis (konten artikel).

Menentukan Pembahasan/tema Blog

Website atau blog yang memiliki pembahasan spesifik (micro niche) jauh lebih menarik di mata pengunjung dan mesin pencari. Namun, hal ini tak serta merta menjadi kewajiban membuat blog dengan niche spesifik.

Sebagai pemula, anda bisa memilih tema/pembahasan campuran. Tujuan nya untuk identifikasi kecenderungan, dan lain sebagainya berdasarkan mana kategori konten yang berpotensi, terlebih niat anda membuat website/blog untuk di monetisasi.

Saat potensi keahlian terlihat atau menonjol untuk beberapa kategori saja, anda bisa membuat website atau blog baru dengan kategori/topik potensial tersebut secara konsisten.

Topik/kategori (pembahasan) campuran (gado-gado) bisa di definisikan sebagai pilihan pembahasan kok. Jadi tentukan pilihan dan usahakan apa yang sudah anda pilih nantinya tak menyulitkan atau membebani anda di kemudian hari.

Menentukan target Pembaca Blog

Pembaca ‎yang ter-target menjadi hal dan harapan paling menggoda bagi seluruh blogger. Tanpa adanya target pembaca yang tepat, website/blog akan kurang bernilai di mata manusia dan mesin pencari. Kurang bernilai konotasi nya berbeda dengan "tak bernilai" loh.

Tanya Jawab Untuk Menjadi Seorang Blogger

Dengan adanya konten artikel yang lebih spesifik kita dapat dengan mudah menentukan dan menemukan target pembaca blog/website.

1. Saya blogger pemula. Kalau buat konten artikel nggak bisa spesifik, apakah ini buruk?
Tak masalah. Website/blog dengan pembahasan/tema campuran justru memudahkan anda melakukan pengelompokan potensi kategori yang ada. Tentunya dengan memahami pergerakan pengunjung situs menggunakan alat pelacak.

2. Seperti apa contoh website/blog dengan kategori campuran?
Contohnya seperti www.ninoartikel.com. Kategori tulisan di blog ini campuran. Ada blogging, wisata, gadget dan lain sebagainya.

3. Berarti kalau mau membuat blog mikro niche seputar blogging, kita masukan kategori SEO, Blogger, Template Blog dan judul artikel yang berhubungan dengan blogging?
Bukan, itu pandangan yang keliru. Itu masih terlalu luas! Halaman blog/website dengan konten spesifik bukan begitu maksudnya.

Kita sama-sama tahu kategori blogging luas cakupan nya. Bisa SEO, Blogger, WordPress, Template Blog, dan lain-lain. Berarti kita ditugaskan memilih salah satunya saja, setelah niche blog ditentukan, ingat kedepankan konsistensi dalam pembuatan konten.

4. Misalnya saya membahas mengenai seluk beluk desa tempat tinggal di daerah saya, bolehkah sesekali saya memberikan ulasan mengenai desa lain yang ada di Indonesia? Apakah hal ini bisa dikatakan tetap menulis dengan satu kategori yang konsisten?
Tepat, apa yang anda lakukan tetap konsisten berdasarkan kategori/tema/pembahasan (niche) mengenai desa atau pedesaan.

Itulah beberapa cara dan langkah untuk menjadi seorang blogger. Kalau ada pertanyaan lebih lanjut anda dapat kirim pertanyaan melalui kolom komentar blog ini. Semoga bermanfaat.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

2 Responses to "Cara Menjadi Seorang Blogger Untuk Pemula"

  1. wah, ilmunya sangat bermanfaat. terutama bagi pemula. jadi bisa mencari jati diri dulu. trimaksh. sukses selalu..
    salam kenal fathor.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung dan salam kenal kembali. :)

      Hapus

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Dilarang spam komentar dan menyertakan link aktif.