5 Keuntungan Menjadi Blogger Selain Penghasilan Dari Iklan - Nino Artikel

5 Keuntungan Menjadi Blogger Selain Penghasilan Dari Iklan

Keuntungan menjadi blogger selain mendapatkan penghasilan berbentuk uang dari iklan, ternyata masih ada keuntungan lain loh. Mungkin kamu bertanya-tanya, keuntungan seperti apa selain mendapatkan penghasilan uang dari perusahaan periklanan?!

Nah, berikut ini ada beberapa keuntungan menjadi seorang blogger selain penghasilan (duit/uang) dari perusahaan iklan (advertising) yang perlu kamu ketahui.

5 Keuntungan Menjadi Blogger Selain Uang

Beberapa poin yang akan saya rinci berikut ini berdasarkan pengalaman pribadi dan pengalaman teman-teman sesama blogger tentunya.
5 Keuntungan Menjadi Blogger Selain Penghasilan Dari Iklan
Keuntungan Menjadi Blogger
1. Menambah Pengetahuan atau Wawasan

Seorang blogger selalu mengawali diri dari wawasan dan pengalaman yang didapat. Tanpa itu semua, mustahil seorang blogger dapat berbagi dalam bentuk tulisan, kecuali blogger tersebut dari awal selalu membeli hasil karya tulis milik orang lain, atau yang menyedihkan adalah; melakukan copy paste konten artikel milik blogger lain.

Secara sederhana, apa yang kurang dipahami seorang blogger sebelum membagikan isi tulisan nya, ia otomatis akan mencari informasi sebanyak mungkin sebelum konten dibagikan. Dengan begitu, nggak heran juga kan pengetahuan atau wawasan seorang blogger selalu bertambah.

2. Memiliki Keahlian Menulis Artikel

Keahlian menulis bisa dimiliki oleh siapa saja, termasuk kamu dan mereka. Anggap saja mereka itu semua orang yang berminat menjadi penulis blog, terlepas orang itu berbakat atau pun tidak.

Oh iya, seorang blogger lebih sering mengucapkan "keahlian menulis artikel" daripada istilah "keahlian menulis" saja, karena keahlian menulis banyak jenisnya.

Namun, secara keseluruhan keahlian menulis akan dikuasai, mengingat kegiatan merancang kata atau kalimat menjadi barang wajib bagi seorang blogger untuk dipraktikkan dan dilatih setiap saat.

Bukan hanya kata atau kalimat saja, bahkan penempatan tanda baca pun tak luput dari perhatian seorang blogger.

Memang sih nggak semua blogger punya level keahlian tinggi dibidang tulis menulis, tapi minimal seorang blogger punya modal (potensi) untuk menjadi penulis blog terkenal, tentunya disesuaikan juga dengan usaha yang dilakukan secara konsisten.

Baca juga: Potensi Blog Untuk Generasi Muda.

3. Banyak dikenal Orang di Internet

Banyak dikenal orang (populer) itu bonus sebetulnya, karena hal utama menjadi seorang blogger adalah bermanfaat bagi sesama manusia. Kabar baiknya, semakin kamu dianggap bermanfaat, secara tidak langsung kamu akan semakin dikenal banyak orang.

Pernah baca atau dengar pribahasa "sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui"? Pribahasa itu sangat pas untuk menggambarkan kegiatan seorang blogger yang ada di seluruh dunia, baik blogger amatiran, profesional, terkenal, pemula dan sebagainya.

Proses menjadi terkenal atau dikenal banyak orang tentu masih masuk akal. Misalnya saja bisa dikenal banyak orang dari mesin pencari Google, Yahoo atau Forum-forum besar.

Biasanya konten yang dianggap bermanfaat akan dibagikan ulang secara berkelanjutan dari satu orang ke orang lain. Contohnya, dibagikan dari pengguna forum ke forum dan dari pengguna media sosial satu ke pengguna media sosial lainnya.

Sering dengar kabar YouTuber terkenal? Apa bedanya YouTuber dengan Blogger?! Tipis bedanya, ini serius! Cuma cara menyampaikan opini, ide, atau gagasan nya saja yang sedikit berbeda.

Baik YouTuber atau Blogger, keduanya bekerja dibidang kreator konten. Sejatinya sih hampir sama, terlihat berbeda karena cara mereka membagikan atau menyampaikan konten buatan mereka sedikit berbeda.

Jika seorang blogger lebih banyak berbagi melalui konten artikel, maka seorang YouTuber banyak berbagi melalui konten video.

Meskipun begitu, bukan berarti seorang Blogger nggak bikin video untuk dijadikan media pendukung konten artikel nya loh, dan begitu juga YouTuber.

4. Bermanfaat Bagi banyak Orang

Keuntungan menjadi blogger jelas bermanfaat bagi banyak orang, walaupun isi blog nya dipenuhi dengan curhatan pribadi.

Apa yang orang lain butuhkan tidak pernah sama, seorang kreator konten memahami konsep itu, makanya saya katakan sekalipun blog nya dipenuhi dengan curhatan, untuk kelompok tertentu itu bermanfaat.

Jika kamu pecinta game online, maka konten yang dianggap bermanfaat dan sesuai kebutuhan ada pada konten dengan kategori game online.

Apa jadinya kalau di dunia ini nggak ada lagi kreator konten macam Blogger atau YouTuber? Mau cari pengetahuan game online kesukaan kamu secara cepat darimana coba. Hehe..

5. Menurut kamu Apa saja Keuntungannya?

Kamu boleh menambahkan beberapa keuntungan menjadi seorang blogger di kolom komentar yang ada di bagian paling bawah posting artikel ini.

Penutup

Akhir kata, keuntungan menjadi blogger bukan hanya dinikmati oleh blogger itu sendiri, tetapi juga untuk semua orang. Apakah kamu seorang blogger? Silakan tinggalkan jejak komentar mu di bawah posting artikel ini ya.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

18 Responses to "5 Keuntungan Menjadi Blogger Selain Penghasilan Dari Iklan"

  1. Kalau dipikir secara positif, tentu saja banyak untungnya. Dan kalau konsisten dengan konten bagus, untung dalam materi pun akan menyusul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, saya yakin bang Doel sudah mencicipi manisnya kegiatan blogging yang saat ini dijadikan salah satu bagian dari hobi. Sudah banyak buktinya blogger berpenghasilan layak nya seorang pengusaha bermodal besar.

      Semangat buat kita semua yang mungkin penghasilan dari blog nya masih belum maksimal.

      Delete
  2. makasih buat infonya mastah, makin semangat nih gw ngeblognya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali mas bos, semangat boleh tapi jangan lupa makan sama mandi. Hehe..

      Delete
  3. dan ternyata blogger itu penyumbang informasi dunia maya yang besar lho, bahkan jika ada yang berkenan menghitung jumlah seluruh terbitan blogger di dunia dibanding media digital, mungkin lebih besar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, karena seorang blogger lebih mudah menungkan isi pikiran nya ke dalam blog, semudah membuat status di media sosial. Hehe

      Delete
  4. Kalau saya sih simpel aja. Keuntungan bagi saya bisa kenal dengan mas nino

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha bisa aja bos yang satu ini. Sukses selalu untuk blog nya mas.

      Delete
  5. Kalau saya pribadi yang bukanlah seorang blogger dimana hanya sekedar menulis pengalaman siapa tau ada yang membutuhkan itu adalah suatu keuntungan saya. Karena seorang blogger sejati harus memiliki skill untuk bersaing.
    BTW terima kasih telah membagikan inti dari keuntungan seorang blogger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Ada kepuasan batin saat apa yang kita bagi berguna atau bermanfaat, terlebih pembaca memberikan apresiasi kepada penulis. Terima kasih kembali sudah berkunjung sob. :)

      Delete
  6. Kalo ane pribadi sih ngak terlalu sewot sama uang atau wawasan, karena ane buat blog bahkan malah mengeluarkan uang demi sharing informasi saja. Selain itu ane juga sering tuh nulis artikel yang isinya materi yang disampaikan guru dan dosen di kampus.

    Manfaatnya ya tentu saja ane lebih memahami materi tersebut dengan cara mengulangnya walaupun dengan cara menulis ulang dalam bahasa ane sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap sekali Mbah Online. Semoga suatu saat nanti hobi berbagi melalui tulisan di blog mendapatkan imbalan/keuntungan yang sepadan.

      Delete
  7. ane tambahin mas nino..

    6. Mempunyai saudara seperjuangan.
    Menjalin silaturahmi dengan saudara sesama penulis, seNiche dan seAdsensean

    7. Ngeblog menjadi ladang pahala.
    ngeblog jika diniatkan untuk berbagi ilmu dan informasi maka akan menjadi sumber pahala yang sangat besar meskipun kita sudah tiada. Pahalanya akan mengalir terus menerus selama isi artikelnya bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap, terima kasih sudah mau menambahkan kang. Poin terakhir bikin saya merinding mas.

      Walaupun suatu hari nanti seorang blogger tiada, selama tulisan masih ada dan memberikan manfaat bagi pembaca, selama itu pula pahala akan mengalir. Aamiin.

      Delete
  8. Tapi jujur saja setelah jadi blogger, lumayan jadi populer di internet hahah, mungkin itu salah satu dampak yang bisa dirasakan seseorang ketika telah menulis banyak artikel di internet,.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain nulis banyak, target pembaca juga menentukan letak populernya seorang blogger. Kalau sudah populer, apa yang disampaikan bisa lebih cepat menyebar. Apalagi pake foto asli begitu, pertimbangkan utk pergi ke tempat umum sendirian. Haha..

      Delete
  9. Semakin mantap dan terarah tulisan nya, nice job om.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bisa aja muji nya nih. Hehe.. Terima kasih juga sudah mau mampir mas.

      Delete

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.