Cara Blogwalking yang Benar Untuk Penulis Blog - Nino Artikel

Cara Blogwalking yang Benar Untuk Penulis Blog

Blogwalking adalah aktivitas untuk melakukan kunjungan ke blog/website orang lain. Entah siapa yang membuat istilah blogwalking pertama kali, yang pasti istilah tersebut sudah familiar sekali dan menjadi istilah umum bagi sebagian besar penulis blog/website.

Melakukan blogwalking yang baik dan benar untuk penulis blog atau website kira-kira seperti apa dan apa saja? Berikut beberapa cara melakukan blogwalking yang benar untuk penulis blog.
Cara Blogwalking yang Benar Untuk Penulis Blog
Cara Blogwalking yang Benar
Kunjungi Posting Artikel yang Disukai

Berkunjung ke beberapa blog/website orang lain rasanya kurang tepat kalau niat awal kita hanya ingin meninggalkan komentar. Karena yang saya tahu, blogwalking yang efektif bukan hanya sekedar meninggalkan komentar.
Alih-alih memberikan komentar yang relevan, justru menimbulkan kesalahpahaman dan pengelola blog menandai komentar kita sebagai komentar spam yang hanya ingin dikunjungi balik.

Dengan cara mengunjungi posting artikel yang disukai saja, resiko yang tak diinginkan menjadi lebih kecil. Selain komentar lebih relevan dan dianggap ramah, membaca satu posting artikel secara keseluruhan dapat membantu blog yang kita kunjungi berkembang secara baik.

Blogwalking Sekuat dan Seperlunya

Kegiatan atau aktivitas melakukan blogwalking dari satu blog ke blog lain jangan dijadikan beban, untuk itu berikan batas maksimal per hari untuk membaca posting artikel dan memberikan komentar di blog/website yang kita kunjungi.
Situasi dan kondisi tiap penulis blog tak pernah sama, sebaiknya ukur standar kemampuan diri sendiri. Jangan sampai kondisi dan konsentrasi yang menurun, menimbulkan polemik baru karena beberapa komentar dianggap negatif oleh blogger lain.

Memberikan Komentar yang Tulus
Kontradiktif, saya melakukan blogwalking untuk meningkatkan traffic blog, kok disuruh tulus?!
Stop, jangan cepat ambil kesimpulan se-pihak. Maksudnya begini; pernah atau tidak ketika anda memberikan komentar di blog orang lain, tanpa disangka-sangka pemilik blog berkunjung balik ke blog anda dan memberikan komentar?

Saya yakin anda pernah mengalaminya, karena komentar yang tulus (dari hati) biasanya lebih berkesan dan relevan, kecuali anda meninggalkan komentar dengan kesan negatif.

Awalnya niat memberikan komentar tanpa harap kembali di blog orang lain karena konten artikelnya keren, eh malah dapat bonus dikunjungi balik. Hmmm...

Prinsip saya, "kunjungan balik dari blogger lain adalah bonus", dan tak lebih dari itu. Harap kembali nggak ada, perasaan plong dan komentar di blog/website orang lain pun jadi lebih relevan.

Prinsip Umum Melakukan Blogwalking

Cara melakukan blogwalking yang benar pada bagian akhir artikel ini tak terbatas untuk beberapa blog/website, mengingat pengelola blog/website memiliki peraturan dan kebijakan yang berbeda-beda.

Umumnya, pengunjung situs web atau blog dilarang melakukan spam komentar, dan membuat link aktif di komentar blog. Blogwalking didefinisikan sebagai aktivitas berkunjung ke blog/website orang lain, terlepas dari meninggalkan jejak komentar atau tidak, tetap dapat disebut sebagai blogwalking.

Penutup

Memberikan jejak komentar di posting artikel blog/website orang lain yang masih berhubungan (relevan) dengan kategori blog/website kita diyakini dapat memberikan banyak dampak positif. Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

36 Responses to "Cara Blogwalking yang Benar Untuk Penulis Blog"

  1. Iya, karena dengan blog walking itu seperti berkunjung ke rumah orang yang memang kita sedang cari pemiliknya. Datang dengan sopan, bertamu dengan segan pulang dengan tenang.
    Semoga yang blog walking ke blog ini tidak melulu spam atau pengunjung iseng. Trims untuk share nya kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Sha, terima kasih juga udah mau mampir. Betul, kurang lebih begitu. Berkunjung atau jalan2 ke blog orang lain perlu menyesuaikan karakter pemilik atau pengelola blog, lingkungan, dsb.

      Seorang tamu yang baik biasanya punya adab, misalnya; mengucapkan salam, melepas alas kaki dan membaca peraturan yang ada.

      Kalau di tiap2 rumah, umumnya ada keterangan ketuk pintu terlebih dahulu atau tekan bel. Sama hal nya blogwalking, seorang pengunjung blog sebelum melakukan kunjungan, perlu membaca dan mengikuti aturan yang ada.

      Hapus
  2. Betul sekali bang nino, kebanyak dari para blogger pemula biasanya hanya langsung tingal komen kunjungan...tanpa harus membaca sebuah artikel yang dia blogwalking akibatnya hal ini bisa membuat pengujung blog tersebut merasa aneh... Trimakasih atas kupas tuntas tentang blogwalking

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dibilang begitu sob, kalau menurut saya tergantung karakter. Masih banyak juga kok blogger pemula yang melakukan blogwalking dengan cara elegan.

      Kunjungan ke posting artikel blog/website orang lain secara kilat karena alasan hanya fokus untuk memberikan komentar, cepat atau lambat akan menurunkan performa situs web/blog.

      Hapus
  3. Dengan menuliskan kata josh, mantap, infonya bermanfaat, apalagi blognya bagus sudah di pastikan orang tersebut hanya tertuju pada kolom komentar karena tidak ada relavansinya sama sekali dengan artikel. Kalau ada yg pasang link terus koment tersebut tidak saya publish dan malah saya hapus apakah tidak mempengaruhi blog itu sendiri ya mas Nino

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau komentar yang dikirim cuma kata jos, mantap, atau kalimat sangat bermanfaat. Saya pribadi masih menampilkan komentar nya. Gpp, walaupun saya agak kurang bersemangat melakukan kunjungan balik.

      Terkait pemasangan link aktif misalnya, jelas pengaruh mas, terlebih untuk blog dengan platform blogger yang masih ada di bawah kekuasaan perusahaan Google.

      Walaupun jenis link yang ada di komentar NoFollow, link aktif yang mengarahkan pengunjung ke situs atau halaman terlarang atau bertentangan dengan pedoman webmaster Google, pengelola situs cepat atau lambat bakal ngerasain dampak buruknya.

      Hapus
  4. komentar sebaiknya memang harus relevan dengan isi artikel, selain BW tujuan untuk silaturahim :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, komentar yang relevan dan santun akan membangun tali silaturahmi yang berkualitas. :D

      Hapus
  5. Setuju,mas Nino.
    Komentar yang bagus adalah komentar yang berkaitan dengan artikel dan foto-foto yang dimuat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, kalau relevan komentar nya kan enak dibaca, karena kadang ada pengujung yang baca artikel sampak ke isi komentar. :D

      Hapus
    2. Betul.
      Semua pengunjung rata2 pasti akan membaca artikel dan komentar2 yang ada.

      Hapus
  6. kalau saya sih komentarnya tergantung isi, yang penting komentarnya tidak menyudutkan dan tidak keluar dari tema pembahasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mas, blogwalking juga kan bisa dijadikan ajang mempererat tali silaturahmi antar sesama blogger. Kalau komentar nya ngawur bahkan menyudutkan admin blog, bisa2 tidak sesuai dengan pedoman mutu blogwalking. Hehe..

      Hapus
    2. Itu saya ngak suka, bagi saya menjalin silaturahim itu lebih penting

      Hapus
  7. Setelah baca2 di strukturkode tadi sempat lihat komentar, berlanjut sampai singgah disini, ulasan diatas memberi sy tambahan pengetahuan, terimakasih yah.

    Sukses trus

    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali sob, semoga tulisan yang hanya alakadarnya tersebut bisa merubah pola pikir sebagian besar blogger Indonesia, khususnya bagi yang suka melakukan blogwalking. :)

      Hapus
  8. wah bagus ni buat yang suka blokwalking agar teratur dan aman

    BalasHapus
  9. Betul itu kang, bagus juga, tambah2 pengetahuan buat ane nih gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mas, semoga hal yang bermanfaat tersebut bisa menjadi hal baik untuk kita semua.

      Hapus
  10. Bermanfaat bgt artikelnya mas...

    BalasHapus
  11. Saya masih bingung keubtkeunt blogwalking itu apa. Apa cuma cari inspirasi atau gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Melakukan blogwalking, selain bisa mempererat tali silaturahmi antar blogger, juga bisa digunakan untuk mencari inspirasi pembuatan artikel.

      Hapus
  12. ane dapet nni artikea dari Google+ nte. makasih menambahkan pengetahuan nya tentang blogwalking.. pertanyaan saya sebagai pemilik website juga, apakah blog walking adalah cara yg efektif untuk memperkenalkan blog kita?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih udh mampir. Blogwalking cukup efektif sebagai salah satu cara mempromosikan website/blog ke orang lain atau kesesama blogger.

      Hapus
  13. Saya seringkali blogwalking cuma numpang lewat dan numpang baca saja buat cari inspirasi, tapi jarang sekali memberikan komentar..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama berarti. Saya juga paling sering mampir ke blog lain untuk baca2 artikel tanpa kasih komentar. Hihi..

      Hapus
  14. Saya sering melakukan BlogWalking hanya sekedar jalan-jalan atau untuk mencari inspirasi. Tapi jarang ninggalin komentar 😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untungnya sekarang ninggalin komentar, jadi ketauan deh kalau lagi baca2 posting artikel di blog saya. Hehe..

      Hapus
  15. ini mungkin termasuk blog walking.. hehe

    BalasHapus
  16. Kulonuwun, saya ijin blogwalking disini... terimakasih. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo, dan terima kasih kembali. :D

      Hapus
  17. salam kenal admin..mhon bimbingannya, msih pemula..prlu bnyak blajar :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya salam kenal. Sama kok, saya juga pemula. Kita bisa belajar bareng. Silakan gabung di komunitas Penulis Blogger Indonesia (Google+).

      Hapus

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.