Kenapa ATM Salah PIN Melampaui Batas, Padahal PIN Sudah Benar? - Nino Artikel

Kenapa ATM Salah PIN Melampaui Batas, Padahal PIN Sudah Benar?

Mungkin saat ini anda sedang bingung dan merasa kesal karena gagal melakukan transaksi atau tarik tunai menggunakan kartu ATM di mesin ATM. Pesan kesalahan; salah memasukkan PIN. Padahal PIN (password) yang dimasukkan sudah benar, kenapa dapat peringatan salah PIN melampaui batas?!

Perlu diketahui, saat kejadian saya menggunakan kartu ATM BRI Syariah. Karena yakin PIN kartu ATM sudah benar, akhirnya memasukkan PIN yang sama berulang kali. Setelah itu muncul peringatan "salah PIN melampaui batas silakan ambil kartu anda". Crut, kartu ATM keluar sendiri dari mesin ATM.
Kenapa ATM Salah PIN Melampaui Batas, Padahal PIN Sudah Benar?
Ilustrasi: Sedang Menggunakan ATM
Mesin ATM ini rusak atau ada yang iseng sih. Ah sial, PIN sudah benar kok dibilang salah! Pikir saya waktu itu. Akhirnya saya putuskan untuk mencari lokasi ATM lainnya.

Mulai khawatir kartu ATM terblokir karena salah PIN ATM sudah lebih dari 3x. Kalau memang terblokir atau diblokir, bagaimana cara membuka blokir ATM tanpa ke bank? Saya Googling tapi belum juga menemukan jawaban yang sesuai.

Singkat cerita, karena selalu menerima pesan peringatan salah PIN di mesin ATM, sesampainya di rumah saya putuskan untuk menghubungi Call Center BRI Syariah di nomor 1500789 menggunakan HP, dan berharap dapat membuka blokir ATM.

Pada saat posting artikel ini dibuat, niat menelpon call center BRI Syariah selain menyampaikan keluhan, juga untuk memberikan informasi bahwa aplikasi BRIS Online masih banyak memiliki kekurangan.

Misalnya tombol Call dibagian Contact Us yang tidak bisa digunakan. Pada saat tombol call ditekan dan menghubungkan, akan ada pesan suara "nomor salah atau belum lengkap, mohon periksa kembali".
Kekurangan Aplikasi BRI Syariah
Kekurangan Aplikasi BRI Syariah
Waduh, aplikasi apaan ini malah nyuruh periksa kembali. Yang bikin aplikasi siapa sih, baru belajar bikin aplikasi atau gimana! Pikir saya.

Tak habis akal, akhirnya saya ketik nomor call center BRI Syariah secara manual di HP, dan benar saja akhirnya tersambung.

Sesuai niat awal, selain menyampaikan keluhan, saya juga ingin memberikan beberapa informasi mengenai kekurangan aplikasi m-banking BRI Syariah yang baru.

Karena sesuatu dan lain hal (takut pulsa habis) setelah terhubung ke call center BRI Syariah, saya hanya mengajukan pertanyaan singkat. Diantaranya sebagai berikut:
  1. Apakah penggantian PIN melalui aplikasi BRIS Online hanya berlaku untuk aplikasi saja perubahan nya? Betul pak, antara PIN aplikasi dan PIN ATM tidak ada hubungannya. Jadi, kalau mengganti PIN di aplikasi, itu berlaku hanya untuk aplikasi.
  2. Apakah kartu ATM saya terblokir karena dapat peringatan salah PIN melampaui batas? Terblokir hanya sementara, silakan tunggu 24 jam. Jadi, bapak tidak perlu ke kantor cabang BRI Syariah. Setelah 24 jam kartu ATM dapat digunakan kembali.
Catatan: Biaya (tarif) nelpon ke call center BRI Syariah menggunakan kartu Three untuk 2 menit kurang lebih Rp. 2,900.

Kesimpulan

PIN yang sudah saya ganti melalui aplikasi BRIS Online, hanya berlaku untuk aplikasi. Ini seperti memiliki dua PIN yang berbeda. Pantas selalu dapat peringatan salah PIN di mesin ATM.

Jika proses ganti PIN di mesin ATM belum dilakukan, maka pada saat menggunakan kartu ATM tetap pergunakan PIN lama.

Agar aman dan nyaman, sebaiknya mengganti PIN tidak hanya di aplikasi saja, tapi juga melalui mesin ATM. Semoga bermanfaat.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

14 Responses to "Kenapa ATM Salah PIN Melampaui Batas, Padahal PIN Sudah Benar?"

  1. Jadi ceritanya cuman salah Pahan yah. Di kiranya sama padahal beda. Wkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya cuma salah paham, ternyata nggak ada hubungannya antara PIN kartu ATM dan PIN aplikasi mobile banking. Karena yang saya tahu kalau ganti PIN dari aplikasi berlaku untuk keduanya. Hehe..

      Hapus
  2. Saya jg 3x salah pin dan ada peringatan salah pin melampaui batas. Apakh saya harus lapor dulu dengan menghubungi call center bri syariah atau menunggu 24 jam saja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak perlu lapor ke pihak BRISyariah, karena jawaban dari Call Center BRI Syariah nantinya tetap sama disuruh nunggu 24 jam. Jadi ditunggu aja. :)

      Hapus
  3. Dan terjadi pada saya hari ini. Tadinya sempat panik. Tapi artikel ini sangat membantu sekali...thanks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu itu saya juga panik mas, karena hasil yang saya temukan di Google pencarian nggak membantu, akhirnya saya nelpon ke call center BRI Syariah.

      Syukur Alhamdulillah dengan adanya tulisan tersebut, banyak orang terbantu saat mengalami permasalahan serupa.

      Kebutulan tulisan di atas juga berhasil menduduki peringkat terbaik di pencarian Google saat ini, jadi banyak yang terbantu khususnya para nasabah bank BRI Syariah.

      Hapus
  4. Misal sudah 24 jam
    Pin saya yang lama masih bisa di gunakan?
    tanpa harus ke cabang BRI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, PIN lama tetap bisa digunakan tanpa harus ke cabang Bank BRI.

      Hapus
  5. Apa ini juga berlaku untuk BRI simpedes? Soalnya sy jg baru alami

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika pola permasalahannya diawali dari penggantian PIN lama ke PIN baru di aplikasi mobile banking, setelah itu menggunakan PIN baru di mesin ATM tetapi selalu salah dan akhirnya salah PIN melampaui batas, maka solusinya sama.

      Tunggu 24 jam. Setelah 24 jam, pergi ke mesin ATM dan masukan PIN lama. Karena penggantian PIN di aplikasi mobile banking tak ada hubungannya dengan PIN yang digunakan untuk mesin ATM.

      Hapus
    2. Kalau saya salah masukan pin tapi di atm ada tulisan salah pin melampaui batas brarti harus diperbaiki ke BRI langsung?

      Hapus
    3. Sama, saya juga salah PIN nya di mesin ATM. Tunggu 24 jam, setelah itu gunakan PIN lama di mesin ATM.

      Hapus
    4. Ok terima kasih ,sangat membantu sekali.

      Hapus
    5. Oke, terima kasih kembali. :)

      Hapus

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.