Kenapa ATM Salah PIN Melampaui Batas, Padahal PIN Sudah Benar? - Nino Artikel

Kenapa ATM Salah PIN Melampaui Batas, Padahal PIN Sudah Benar?

Mungkin saat ini anda sedang bingung dan merasa kesal karena gagal melakukan transaksi atau tarik tunai menggunakan kartu ATM di mesin ATM. Pesan kesalahan; salah memasukkan PIN. Padahal PIN (password) yang dimasukkan sudah benar, kenapa dapat peringatan salah PIN melampaui batas?!

Perlu diketahui, saat kejadian saya menggunakan kartu ATM BRI Syariah. Karena yakin PIN kartu ATM sudah benar, akhirnya memasukkan PIN yang sama berulang kali. Setelah itu muncul peringatan "salah PIN melampaui batas silakan ambil kartu anda". Crut, kartu ATM keluar sendiri dari mesin ATM.
Kenapa ATM Salah PIN Melampaui Batas, Padahal PIN Sudah Benar?
Ilustrasi: Sedang Menggunakan ATM
Mesin ATM ini rusak atau ada yang iseng sih. Ah sial, PIN sudah benar kok dibilang salah! Pikir saya waktu itu. Akhirnya saya putuskan untuk mencari lokasi ATM lainnya.

Mulai khawatir kartu ATM terblokir karena salah PIN ATM sudah lebih dari 3x. Kalau memang terblokir atau diblokir, bagaimana cara membuka blokir ATM tanpa ke bank? Saya Googling tapi belum juga menemukan jawaban yang sesuai.

Singkat cerita, karena selalu menerima pesan peringatan salah PIN di mesin ATM, sesampainya di rumah saya putuskan untuk menghubungi Call Center BRI Syariah di nomor 1500789 menggunakan HP, dan berharap dapat membuka blokir ATM.

Pada saat posting artikel ini dibuat, niat menelpon call center BRI Syariah selain menyampaikan keluhan, juga untuk memberikan informasi bahwa aplikasi BRIS Online masih banyak memiliki kekurangan.

Misalnya tombol Call dibagian Contact Us yang tidak bisa digunakan. Pada saat tombol call ditekan dan menghubungkan, akan ada pesan suara "nomor salah atau belum lengkap, mohon periksa kembali".
Kekurangan Aplikasi BRI Syariah
Kekurangan Aplikasi BRI Syariah
Waduh, aplikasi apaan ini malah nyuruh periksa kembali. Yang bikin aplikasi siapa sih, baru belajar bikin aplikasi atau gimana! Pikir saya.

Tak habis akal, akhirnya saya ketik nomor call center BRI Syariah secara manual di HP, dan benar saja akhirnya tersambung.

Sesuai niat awal, selain menyampaikan keluhan, saya juga ingin memberikan beberapa informasi mengenai kekurangan aplikasi m-banking BRI Syariah yang baru.

Karena sesuatu dan lain hal (takut pulsa habis) setelah terhubung ke call center BRI Syariah, saya hanya mengajukan pertanyaan singkat. Diantaranya sebagai berikut:
  1. Apakah penggantian PIN melalui aplikasi BRIS Online hanya berlaku untuk aplikasi saja perubahan nya? Betul pak, antara PIN aplikasi dan PIN ATM tidak ada hubungannya. Jadi, kalau mengganti PIN di aplikasi, itu berlaku hanya untuk aplikasi.
  2. Apakah kartu ATM saya terblokir karena dapat peringatan salah PIN melampaui batas? Terblokir hanya sementara, silakan tunggu 24 jam. Jadi, bapak tidak perlu ke kantor cabang BRI Syariah. Setelah 24 jam kartu ATM dapat digunakan kembali.
Catatan: Biaya (tarif) nelpon ke call center BRI Syariah menggunakan kartu Three untuk 2 menit kurang lebih Rp. 2,900.

Kesimpulan

PIN yang sudah saya ganti melalui aplikasi BRIS Online, hanya berlaku untuk aplikasi. Ini seperti memiliki dua PIN yang berbeda. Pantas selalu dapat peringatan salah PIN di mesin ATM.

Jika proses ganti PIN di mesin ATM belum dilakukan, maka pada saat menggunakan kartu ATM tetap pergunakan PIN lama.

Agar aman dan nyaman, sebaiknya mengganti PIN tidak hanya di aplikasi saja, tapi juga melalui mesin ATM. Semoga bermanfaat.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

105 Responses to "Kenapa ATM Salah PIN Melampaui Batas, Padahal PIN Sudah Benar?"

  1. Jadi ceritanya cuman salah Pahan yah. Di kiranya sama padahal beda. Wkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya cuma salah paham, ternyata nggak ada hubungannya antara PIN kartu ATM dan PIN aplikasi mobile banking. Karena yang saya tahu kalau ganti PIN dari aplikasi berlaku untuk keduanya. Hehe..

      Hapus
  2. Saya jg 3x salah pin dan ada peringatan salah pin melampaui batas. Apakh saya harus lapor dulu dengan menghubungi call center bri syariah atau menunggu 24 jam saja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak perlu lapor ke pihak BRISyariah, karena jawaban dari Call Center BRI Syariah nantinya tetap sama disuruh nunggu 24 jam. Jadi ditunggu aja. :)

      Hapus
    2. Saya sudah lebih dari 24jam tetap nggak bisa

      Hapus
    3. Kalo tetap nggak bisa, silakan hubungi CS terkait utk informasi lebih lanjut. Thanks. 🙂

      Hapus
    4. Saya barusan ngalemin hal yang sama saya gk ada aplikasi critanya atm memang sudah hampir 1th tidak di gunakan karena saya buat waktu itu untuk transaksi jual beli stlh berhenti,sya kosongin nyisa tdk banyak dan tidak pernah saya gunakan, nah kmrn adik saya trf dan saya mau trf lagi ke kampung saya sudah yakin sekali pin benar dan saya juga sudah melakukan transfer setelah di suruh menunggu ternyata muncul pin salah dan saya masukan lagi saya gk inget mungkin ada kali 3 ato 4x dan tetap salah saya tanya sama satpam apakah uang sy sdah ter transfer jawaban gk bu gagal katanya kalo salah pin transaksi gagal dan saya di bilang lupa dan harus datang kembali hari senin ke bang(cs) apakah saya harus nunggu 24 jam ato ke bangnya. Kalo emang bener lupa dan terblokir apa saya juga harus nunggu 24 jam dan kalo mau menggantinya bagaimana?

      Hapus
    5. Maaf baru bisa saya balas komentar nya mba Ana. Tunggu 24 jam mba, kalo masih gagal baru deh kunjungi kantor cabang BRI Syariah terdekat.

      Hapus
  3. Dan terjadi pada saya hari ini. Tadinya sempat panik. Tapi artikel ini sangat membantu sekali...thanks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu itu saya juga panik mas, karena hasil yang saya temukan di Google pencarian nggak membantu, akhirnya saya nelpon ke call center BRI Syariah.

      Syukur Alhamdulillah dengan adanya tulisan tersebut, banyak orang terbantu saat mengalami permasalahan serupa.

      Kebutulan tulisan di atas juga berhasil menduduki peringkat terbaik di pencarian Google saat ini, jadi banyak yang terbantu khususnya para nasabah bank BRI Syariah.

      Hapus
  4. Misal sudah 24 jam
    Pin saya yang lama masih bisa di gunakan?
    tanpa harus ke cabang BRI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, PIN lama tetap bisa digunakan tanpa harus ke cabang Bank BRI.

      Hapus
    2. Kalo card atm bri simpedes gimna bang samakah nunggu 24 jam

      Hapus
    3. Kurang tahu saya kalau diluar BRI Syariah. Nggak ada salahnya ditunggu 24 jam aja. 😀

      Hapus
  5. Misal sudah 24 jam
    Pin saya yang lama masih bisa di gunakan?
    tanpa harus ke cabang BRI

    BalasHapus
    Balasan
    1. PIN yang salah di mesin ATM itu artinya tidak bisa digunakan pak. Simak artikel saya di atas supaya tidak salah mengartikan. Semoga membantu. :)

      Hapus
  6. Apa ini juga berlaku untuk BRI simpedes? Soalnya sy jg baru alami

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika pola permasalahannya diawali dari penggantian PIN lama ke PIN baru di aplikasi mobile banking, setelah itu menggunakan PIN baru di mesin ATM tetapi selalu salah dan akhirnya salah PIN melampaui batas, maka solusinya sama.

      Tunggu 24 jam. Setelah 24 jam, pergi ke mesin ATM dan masukan PIN lama. Karena penggantian PIN di aplikasi mobile banking tak ada hubungannya dengan PIN yang digunakan untuk mesin ATM.

      Hapus
    2. Kalau saya salah masukan pin tapi di atm ada tulisan salah pin melampaui batas brarti harus diperbaiki ke BRI langsung?

      Hapus
    3. Sama, saya juga salah PIN nya di mesin ATM. Tunggu 24 jam, setelah itu gunakan PIN lama di mesin ATM.

      Hapus
    4. Ok terima kasih ,sangat membantu sekali.

      Hapus
    5. Oke, terima kasih kembali. :)

      Hapus
    6. Terus pin atm mas sudah bisa

      Hapus
    7. Kejadiannya sama dng saya,abis ganti pin Mbangking tadi ga bisa ngambil uang di atm dng memakai pin baru.
      Jdi klau begitu sama aja kita punya 2 pin ya,pin buat mesin atm sama pin buat aplikasi mbanking

      Hapus
    8. Betul, kita memiliki dua pin atau sandi, yaitu utk mobile banking dan mesin ATM. 🙂

      Hapus
  7. ka saya salah pin dah 3x dan saya coba lagi dengan pin yg benar tapi masih ada peringatan salah pin telah melampaui batas itu gimana dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tunggu 24 jam, setelah itu di coba lagi dengan PIN yang benar. Setelah 24 jam, jangan ulangi lagi dengan PIN yang salah. :)

      Hapus
  8. Saya udah coba tunggu 24 jam tp kok gak bisa mas

    BalasHapus
  9. Saya udah tunggu 24 jam tp kok gak bsa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah masih menggunakan PIN yang salah? Gunakan PIN yang benar, kalau kesalahan diulangi kembali, berarti harus nunggu 24 jam lagi. :)

      Hapus
  10. Terus pin atm mas sudah normal gak ada masalah wlaupun pin lama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada masalah, normal kembali. Masalahnya karena saya waktu itu menggunakan PIN untuk mobile banking di mesin ATM, sedangkan PIN untuk mesin ATM dan Mobile Banking tak ada hubungannya.

      Hapus
  11. Balasan
    1. Mas kalo atm kblokir kan gak bsa cek saldo ?? Apa iya harus nunggu 1x 24 jam dulu baru bsa dgunakan lgi soalnya kjadian ini samaaaaaa

      Hapus
    2. Kalau kasusnya sama seperti kasus sya, bisa di cek melalui aplikasi BRIS Online di Android.

      Hapus
  12. Berlaku untuk BRI biasa ga yah? Baru bgt ngalamin :((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya berlaku juga. Untuk memastikan, telpon aja dulu ke Call Center BRI terkait. :)

      Hapus
  13. Berlaku untuk ATM BRI biasa ga yah? Baru bgt ngalamin hadeuh

    BalasHapus
  14. Terimakasih bang, sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  15. ini bener mas?
    soalnya saya baru saja tadi salah pin 3x
    apakah saya harus lapor apa tidak perlu repot2 lapor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tunggu aja sesuai artikel di atas mas. Karena artikel tersebut sesuai dgn pengalaman yang pernah saya alami sendiri.

      Hapus
  16. Apakah berlaku untuk kartu bca?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk BCA saya kurang tahu pasti, mungkin bisa ditunggu 24 jam untuk memastikan bisa atau tidaknya. Atau langsung saja hubungi Call Center BCA terkait pemblokiran kartu ATM yang dialami. Semoga membantu. ☺️

      Hapus
    2. Iya bang saya juga salah pin 3 kali gara-gara keyboard atm nya error, tulisan nya PIN SALAH TELAH MELAMPAUI BATAS HARAP AMBIL KARTU ANDA,

      Trs solusinya gimana bang apakah saya harus hub call center terlebih dahulu apa nunggu 24 jam ? soalnya kartu atm punya abang saya 😧

      Hapus
    3. Sebaiknya ditunggu 24 jam terlebih dahulu. ☺️

      Hapus
  17. Bri simpedes saya juga gitu, sandi melamapui batas, ganti hari dan ganti unit atm lain ko tetep sama laporannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Laporan tetap sama karena kartu telah diblokir sementara oleh sistem keamanan. Silakan tunggu 24 jam atau hubungi CS terkait dan pastikan tidak salah memasukkan PIN/Password di mesin ATM. Semoga membantu. ☺️

      Hapus
  18. Saya juga salah memasukkan password di ATM BRI, apakah saya juga harus menunggu 24 jam? Yang di artikel kan BRI Syariah, sedangkan saya BRI biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya sama. Tidak ada salahnya menunggu 24 jam, namun jika setelah 24 jam masih juga bermasalah, baru hubungi CS BRI terkait. ☺️

      Hapus
  19. apakah berlaku untuk yg tidak memakai m bangking

    BalasHapus
  20. Saya lupa pin. Dan saya juga nggak menggunakan aplikasi mobile banking apakah harus menunggu juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pikir sangat perlu untuk menunggu 24 jam. Semoga membantu. ☺️

      Hapus
  21. Makasih dah ,cukup membantu mereda kepanikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip. Terima kasih juga untuk tanggapan nya. 😀👍

      Hapus
  22. Saya juga mengalami hal yg sama memasukkan pin atm yg salah lebih dari 3x.apakh saya harus mengganti atm saya..atw menunggu 24 jam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya ditunggu dulu 24 jam. Semoga membantu. 🙂

      Hapus
  23. Hatur nuhun infona 👍🙏

    BalasHapus
  24. Hrs'Nyah Ada Pemberitahuan Dari Pihak BRI Tentang Hal Ini Karna Yang sudah² Saya Mempunyai Kartu ATM Tidak Seperti Ini.. bkn'a pihak BRi mempnyai no saya, ktika membuka rekening kan bisa via sms???Saya Kaget Dan Kesal Karena Saya Mau Brobat Anak Saya Akhirnyh Tidak Jadi

    #Mksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat dan terima kasih kembali sudah berkunjung. 🙂

      Hapus
  25. Saya pake mandiri syariah, apakah sama seperti bri juga? Karena saya juga gitu pin di aplikasi coba saya masukan ke atm katanya salah, sampe 3 kali masih salah terus, dan akhirnya muncul tulisan kartu anda telah terblokir karena melampaui batas kesalahan. Terus saya harus gimana nih? Mohon bantuannya bagi yang tau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang tahu. Menurut saya nggak ada salahnya ditunggu 24 jam, setelah 24 jam berlalu, jangan ulangi kesalahan.

      Kalau masih juga terblokir, kemungkinan prosedur yang ditetapkan berbeda, jadi perlu mendatangi Cabang Bank Mandiri Syariah terdekat. Semoga membantu. 🙂

      Hapus
  26. Saya atm BRI nya yang biasa bos,,,,saya sama permasalahan nya udah 4 kali salah ..??? Gimana donk haru ke bank nya apa gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya ditunggu 24 jam, setelah itu jangan ulangi kesalahan. Kalau nggak ada perubahan, baru deh kunjungi Kantor Cabang terkait. 🙂

      Hapus
    2. Berlaku untuk ocbc ga yaa

      Hapus
    3. Untuk mengetahui berlaku atau tidaknya cara tersebut pada kartu ATM OCBC, sebaiknya dicoba terlebih dahulu. 🙂

      Hapus
  27. Kawan saya baru mengalami bgtu barusan, mudah mudahan besok bisa!
    Terima kasih admin, soalnya sikawan ini lgi panik,, hehehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Hehe.. Setelah dikasih tau, semoga kawan nya nggak panik lagi. 😀

      Hapus
  28. Sya pke atm ocb yg sya tanyakan emg ngaru ya pin aplikasi ama pin atm jika salah pin 3x soal'y pas aq cek d atm Muncul bacaan melampaui batas terus klo udh kya gtu harus gimana ya tolong di bantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di BRI Syariah kata sandi untuk aplikasi mobile banking bisa dibuat berbeda dengan kata sandi yang digunakan utk mesin ATM, kecuali sebelumnya sudah dibuatkan PIN yang sama. Diluar BRI Syariah saya kurang tahu bisa atau ngga nya.

      Hapus
  29. Saya tadi habis ngalamin seperti itu, padahal pin sudah benar
    Lalu saya ganti atm permata juga seperti itu padahal pin sudah benar
    Apakah harus ke bank bri langsung??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau secara bersamaan mengalami permasalahan seperti itu, sebaiknya langsung berkunjung ke kantor cabang bank terdekat untuk informasi lebih jelas dan mendetail.

      Hapus
  30. Kalo BCA sama ga ya? Harus nunggu 24 jam??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin tergantung kasus, kalau kasusnya mirip mudah-mudahan bisa.

      Hapus
  31. Saya mengalami Lupa Pin sebanyak 3x.
    terus yg ke 4x nya saya ingat pin saya,tetapi setelah itu ada tulisan SALAH PIN MELAMPAUI BATAS ?
    apa yg harus saya Lakukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya tunggu selama 24 jam, setelah 24 jam baru dicoba lagi. Jika gagal, maka saran terbaik kunjungi kantor cabang Bank terdekat.

      Hapus
  32. Mas saya baru aja alamin tadi, tapi bacaan salah pin melampaui batas nya pas saya udah masuk mode transfer, pas nominal benar terus pas dipencet ya baru keluar tulisan salah pin melampaui batas, itu berarti transfer saya batal atau tetap terkirim ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah bisa dipastikan gagal transfer mas. Saran saya aktivasi mobile banking utk mempermudah saat kejadian serupa terulang.

      Hapus
  33. mau nanya dong kalo kita sudah membuka blokiran atm bri kita, apakah kita disuruh nunggu 24 jam juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah pemblokiran dibuka di hari itu juga udah bisa diakses seperti biasa, itu yg saya tau.

      Hapus
  34. Ka saya mau ambil uang dang pin sudah bener terus malah ada tulisan anda telah melewati batas maksimum pengisian pin aku harus bagai mana ka apakah kartu atm saya keblokir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan itu salah kya kejadian yg pernah saya alami. Bakal pulih sendiri setelah 24 jam. Setelah 24 jam dicoba lagi dengan PIN yang benar. Semoga membantu. :)

      Hapus
  35. Ka saya mau ambil uang dang pin sudah bener terus malah ada tulisan anda telah melewati batas maksimum pengisian pin aku harus bagai mana ka apakah kartu atm saya keblokir

    BalasHapus
  36. Dan ini terjadi juga hari ini pada atm saya. Tp disini atm bri saya yg biasa dan sy tdk memakai mobile banking. Saya pun tidak ada melakukan penggantian pin. Lalu saya harus bagaimana kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin tanpa sadar atau tanpa sengaja menekan kata sandi (PIN) yang salah. Jika yakin PIN sudah benar dan tidak merasa melakukan perubahan PIN baik di mesin ATM ataupun di aplikasi mobile banking, sebaiknya hubungi CS BRI atau kunjungi langsung kantor cabang bank BRI terdekat.

      Hapus
    2. sama saya juga kemarin saya ganti pin di mesin atm hari jumat jam 2 an katanya pin salah melampaui batas sabtunya saya coba jam 12 masih salah nah saya harus nunggu sampai senin atau gimana ini haduh

      Hapus
    3. Punya aplikasi mobile banking kah? Kalo iya, antara PIN di mobile banking dan mesin ATM dua hal yang berbeda, bisa dibuat sama, bisa juga dibuat berbeda. Penggantian PIN melalui mobile banking hanya berlaku untuk mobile banking. 🙂

      Hapus
  37. Baru aja kejadian nih,adeku salah kasih pin sama aku, terus aku kirain udah bener kan jadi PD aja udah masukin pin nya di atm yg pertama lgsg bilang salah pin, trus aku kirain mesin atm nya rusak trus aku coba di yg sebelah bisa masuk dg pin yg salah itu cuma ga bisa dipake transaksi (penarikan uang sama cek saldo) nah karna aku ngiranya pin nya udah bener jadi aku coba lebih dari 3x dan taraaaa aku dikasi tau (pin salah 3x) gitu pernah si kejadian kek gini juga bulan lalu pin diubah tanpa sepengetahuan aku tapi pas aku inisiatif lagi gitu ke atm pas di mall cobain buat masukin pin itu selang waktu 5 hari x ya hari nya niat iseng" ngecek ke atm masih bisa dipake apa ga pas dicoba pake pin yg bener bisa kok kek mau sujud syukur di buat wkwk kirain udah ke blokir & gabisa lagi dipake gitu 😇

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berbagi pengalaman menariknya. Hehe.. :D

      Hapus
  38. Saya sudah masukkan pin benar sampai tiga kali di mesin ATM tapi tulisannya salah dan sudah melampaui kesalahan. Saya harus ke bank terdekat atau nunggu 24 jam yah??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya tunggu, kalau masih juga gak bisa, barulah ke kantor cabang terdekat.

      Hapus
  39. Pas saya ambil uang di atm bri syariah setelah transaksi selesai kok ada tulisan atm di tahan..dan uang gk kluar..trs pindah transaksi atm yg lain jg gk bisa kluar uangnya...tts saya coba cek saldo gk kluar...apa nunggu 24 jam juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru liat ada pesan, sepertinya gangguan teknis biasa itu, nanti pulih sendiri.

      Hapus
  40. Bos mau tanya
    Setelah masuk tinggal penarikan uang
    Tapi uang tidak bisa di tarik dikarenakan pin melebihi batas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ceritanya seperti itu, berarti ada kesalahan PIN yg melebihi batas dan itu artinya dibekukan sementara.

      Hapus
  41. Bos mau tanya
    Setelah masuk tinggal penarikan uang
    Tapi uang tidak bisa di tarik dikarenakan pin melebihi batas

    BalasHapus
  42. Makasih loh bang infonya. Kayanya ini berlaku buat semua bank ya?

    BalasHapus
  43. sama euyy saya juga bahkan 3 atm saya melampaui batas maksimun terus padahal pin benar dan pin sudah saya catat

    BalasHapus
  44. Saya juga barusan make ATM kakak padahal awal masuk itu pun bner tapi setiap cek saldo knpa ada tulisan pin akhirnya saya ganti mesin ATM ke tmpat lain dan katanya ke blok salah pin 3 x aku panik bngt krena.butuh uang scpet itu mana ATM orang juga gmna ya. Bang apa nunggu 24 jam apa saya harus ke bank kalo ke bank ban kita harus ke bank kita buat atm dulu apa bank cabang mana aja bisa aku pake ATM BRI biasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa ke bank nya langsung, bisa juga nunggu dulu 24 jam. Kalau mau ke cabang bank gak bisa lewat dari jam 2 siang, bank udah tutup. Besok pagi aja ke cabang bank terdekat.

      Hapus

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Dilarang spam komentar dan menyertakan link aktif.