Mengatasi Important Reminder Data Retention Controls Analytics - Nino Artikel

Mengatasi Important Reminder Data Retention Controls Analytics

Apakah anda menemukan pesan (important reminder) terkait fitur baru yang perlu di review pada bagian retensi data (data retention controls) dari Google Analytics? Istilah yang tepat selain mengatasi atau mengaturnya adalah melakukan peninjauan.

Apakah perlu di tinjau? Tentu, karena pesan tertulis "[Important Reminder] Review your data retention settings before they take effect on May 25, 2018" kurang lebih artinya, meminta anda melakukan peninjauan retensi data sebelum berlaku pada 25 Mei 2018.

Anda dapat melakukan peninjauan di Analytics tanpa perubahan dengan cara membuka setelan Retensi Data properti Anda di Admin > Properti > Info Pelacakan lalu klik 'Simpan'. (secara default 26 bulan).

Peringatan penting dari Google Analytics yang berulang kali masuk ke Email adalah sebagai berikut:

Dear Google Analytics Customer,

We recently sent an email introducing new data retention controls that allow you to manage how long your user and event data are stored by Google Analytics. We would like to remind you that the new data retention settings will soon take effect - on May 25, 2018.

If you haven’t already done so, please review and confirm these settings (Property ➝ Tracking Info ➝ Data Retention) as Google Analytics will begin to delete data according to these settings starting May 25.

Impact of this setting as of May 25 is the following:
  • Any user and event data that is older than your retention setting will be marked for permanent deletion, and will no longer be accessible in Google Analytics.
  • Deletion will affect the use of segmentation, some custom reports and secondary dimensions when applied in date ranges older than your retention setting.
  • Reports based on aggregated data will not be affected.

Find out more

You can also learn more about these data retention settings or how Google Analytics is committed to safeguarding your data.

Thanks,
The Google Analytics Team

Dalam bahasa Indonesia berdasarkan Google terjemah:

Pelanggan yang terhormat Google Analytics,

Kami baru-baru ini mengirim email memperkenalkan kontrol retensi data yang memungkinkan Anda untuk mengelola berapa lama pengguna dan acara data Anda disimpan oleh Google Analytics. Kami ingin mengingatkan Anda bahwa pengaturan retensi data baru akan segera berlaku - pada 25 Mei 2018.

Jika Anda belum melakukannya, silakan tinjau dan pastikan pengaturan ini (Properti ➝ Tracking Info ➝ Data Retensi) sebagai Google Analytics akan mulai menghapus data sesuai dengan pengaturan ini mulai pada 25 Mei.

Dampak pengaturan pada 25 Mei adalah sebagai berikut:
  • Setiap pengguna dan data acara yang lebih tua dari pengaturan retensi Anda akan ditandai untuk dihapus permanen, dan tidak akan lagi dapat diakses di Google Analytics.
  • Penghapusan akan mempengaruhi penggunaan segmentasi, beberapa laporan kustom dan dimensi sekunder bila diterapkan dalam rentang tanggal tua dari pengaturan retensi Anda.
  • Laporan berdasarkan data agregat tidak akan terpengaruh.

Temukan lebih banyak lagi



Terima kasih,
Tim Google Analytics

Bagi anda yang ingin mengatur perubahan pada kontrol retensi data di Google Analytics seperti yang saya lakukan, berikut langkah untuk melakukannya.

Mengatur Retensi Data Pengguna dan Peristiwa di Analytics

Pengaturan atau perubahan yang saya lakukan ini bertujuan agar kontrol retensi data pengguna dan peristiwa yang tersimpan pada Analytics tidak secara otomatis di hapus.

1. Login ke Google Analytics, setelah itu klik Admin.
Bagian Admin di Analytics
Bagian Admin di Analytics
2. Di halaman Admin, ada beberapa bagian yakni; akun, properti, dan tampilan. Fokus pada bagian Properti dan klik .js Info Pelacakan > Retensi Data > Retensi Data Pengguna diubah ke Masa berlaku tidak berakhir secara otomatis > Simpan.
Bagian js Pelacakan di Analytics
Bagian js Pelacakan di Analytics
3. Selesai.
Pengaturan Retensi Data Pengguna dan Peristiwa di Analytics
Pengaturan Retensi Data Pengguna dan Peristiwa
Catatan: Perubahan tersebut akan bekerja setelah 24 jam dan berlaku mulai tanggal 25 Mei 2018.

Apakah ada yang ingin ditanyakan? Silakan ajukan pertanyaan anda terkait kontrol retensi data (data retention controls) Analytics di kolom komentar posting artikel ini. Semoga membantu.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

2 Responses to "Mengatasi Important Reminder Data Retention Controls Analytics"

  1. Akhirnya ketemu juga artikelnya, ini yang saya cari. Bookmark dulu nanti saya coba. Kalo bingung saya tanya lagi nanti.

    BalasHapus

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.