7 Cara Agar Artikel Blog Muncul Di Google Paling Atas

Cara paling cepat agar Blog muncul di Google paling atas atau tampil di halaman pertama Google dapat dilakukan oleh siapa saja, sekalipun dilakukan oleh seorang blogger pemula. Agar website atau blog anda tampil di halaman pertama Google search (Rangking 1 di Google) dan mendapatkan posisi terbaik, anda membutuhkan kemampuan menganalisa judul postingan yang muncul di pencarian Google.

Cari tahu judul postingan para pesaing anda dan lakukan modifikasi. Ingat, judul postingan yang muncul di Google search engine boleh anda tiru sepenuhnya, tetapi tidak dengan isi artikel, karena jika anda tiru juga, maka harapan anda untuk meraih posisi terbaik di pencarian Google akan pupus. Pertanyaan paling umum yang sering ditanyakan mengenai page one (halaman pertama) adalah sebagai berikut:

Mas, agar blog muncul di Google paling atas bagaimana caranya? Saya sudah coba berbagai macam cara untuk menampilkan blog di urutan pertama Google, tapi kok gagal dan sulit ya? Sebenarnya ada tidak sih cara rahasia masuk ke halaman pertama mesin pencari Google?

Cara agar blog masuk ke dalam search engine Google atau agar situs mudah ditemukan di Google tentunya anda perlu melakukan verifikasi situs di Google Webmasters terlebih dahulu, Setelah itu baru ada 7 poin berdasarkan pengalaman pribadi agar blog muncul di Google pencarian.

Namun, hal ini tidak serta merta membuat setiap judul posting yang memiliki kata kunci (keyword) apapun dapat muncul di Google paling atas. Mengapa kata kunci (keyword) apapun tidak dapat muncul di Google paling atas?

Karena bukan hanya anda yang membuat konten artikel, bukan hanya anda yang ingin agar konten pada blog muncul di halaman pertama Google. Ada persaingan di sana dan itu artinya ada kata kunci (keyword) yang memiliki persaingan tinggi bahkan sangat tinggi.

Apakah anda bosan dengan pembahasan umum yang sudah sering anda baca di situs lain mengenai persaingan kata kunci dan sejenisnya? Jika iya, beberapa poin klasik tersebut tidak akan saya ulas. Oke langsung saja, berikut ini adalah 7 cara agar blog muncul di Google paling atas.
Agar Artikel Blog Muncul Di Halaman Pertama Google Paling Atas
7 Cara Agar Artikel Blog Muncul Di Google Paling Atas
1. Pahami sistem algoritma Google, contohnya seperti sistem terbaru algoritma fred sebagai pendukung praktik belajar SEO. Artikel yang hanya ramah bagi manusia atau pengunjung saja itu tidak cukup baik untuk bersaing di halaman pertama Google, terlebih jika kata kunci memiliki tingkat persaingan tinggi dan di dominasi oleh situs besar.

2. Pelajari strategi menulis artikel SEO dan strategi membuat artikel berkualitas. Artikel SEO tidak cukup baik bagi pengunjung, setinggi apapun tingkat SEO pada artikel buatan anda. Jika artikel tidak berkualitas menurut manusia, maka artikel yang sudah muncul di halaman pertama Google akan cepat turun.

3. Lakukan optimasi artikel agar ramah mesin pencari dan ramah pengunjung. Artikel yang dibuat secara optimal usahakan tidak berat sebelah. Konsep optimasi artikel adalah perpaduan antara artikel ramah pengunjung dan artikel ramah mesin pencari.

4. Anda perlu mengetahui posisi ranking artikel di Google agar dapat mengukur kemampuan diri dalam pembuatan konten artikel. Mengetahui sedang berada di halaman dan posisi (urutan) ke berapa posting artikel dilakukan agar anda dapat melakukan perbaikan atau pengembangan kualitas artikel di SERPs.

5. Dilarang melakukan rewrite artikel. Penulisan ulang artikel (rewrite article) yang salah, masuk dalam kategori article spinner yang wajib anda hindari, kecuali anda sudah mengetahui teknik rewrite paling canggih abad ini. Pertimbangkan kualitas dan abaikan kuantitas, mengingat ada beberapa resiko dan kekurangan menggunakan artikel spinner.

6. Jadilah penulis artikel yang baik agar anda terhindar dari kebiasaan buruk melakukan penulisan konten artikel untuk blog kesayangan anda. Hindari kebiasaan buruk tersebut dengan cara mengetahui ciri-ciri penulis artikel yang baik dan berkualitas.

Dari ke 6 poin singkat tersebut merupakan kombinasi terbaik dan paling baru (update) berdasarkan eksperimen dan pengalaman pribadi. Terbukti, beberapa posting artikel di blog ninoartikel.com mampu bersaing dan muncul di halaman pertama Google paling atas.

Memang, tidak semua kata kunci mampu mendapatkan posisi terbaik di mesin pencari Google, mengingat ada beberapa faktor penentu terkait persaingan mendapatkan posisi terbaik di Google. Salah satu faktor penentu tersebut sudah saya jelaskan pada paragraf enam (6) di artikel ini.

Cara ke 7 agar artikel blog muncul di Google paling atas

Strategi terbaru paling ampuh abad ini dan mendatang adalah konten unik dan berharga. Google pencarian butuh konten unik dan berharga. Dengan konten unik dan berharga (original), artikel anda akan sangat cepat dan mudah muncul di halaman pertama Google.

Cara terbaik agar konten artikel original anda dapat bertahan lama di halaman pertama Google dan tidak mudah di geser posisinya oleh penulis lain, konten artikel buatan anda wajib memiliki komponen user experience (UX).

UX adalah kependekan kata dari kalimat User Experience. Jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia, user experience memiliki arti "pengalaman pengguna". Secara sederhana, penulis artikel di tuntut untuk memberikan pengalaman pengguna yang baik di situs web atau blog.

Faktor dan komponen user experience untuk blog atau website

Algoritma Google saat ini mengutamakan pengalaman pengguna (Faktor UX) sebagai tolak ukur naik dan turun nya posisi ranking artikel di halaman pertama Google search. Beberapa cara agar blog muncul di Google paling atas perlu memiliki komponen user experience (UX) sebagai berikut:
  • Navigasi yang jelas untuk mempermudah pengunjung dalam menjelajah atau menemukan tiap-tiap bagian konten situs.
  • Kecepatan loading situs akan memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna agar mereka tidak banyak membuang waktu untuk hal-hal yang dibutuhkan secara cepat.
  • Situs yang lebih mobile friendly di peruntukan untuk pengguna perangkat mobile, mengingat pengguna smartphone atau perangkat mobile selalu mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.
  • Desain situs dan jenis teks yang enak dipandang atau di lihat agar pengunjung betah berlama-lama dan mendapatkan kesan positif.
  • Halaman situs lebih relevan dengan judul postingan, agar konten artikel yang disarankan pada halaman pertama Google dapat memberikan nilai tambah bagi pengguna mesin pencari.
Beberapa poin tersebut akan memberikan pengalaman pengguna (user experience) yang baik dan menambah nilai kepentingan situs anda. Pengalaman pengguna yang berkualitas akan berdampak pada peningkatan durasi/waktu kunjungan situs web/blog. Konsep algoritma Google sangat sederhana sekali bukan?

Di lain waktu dan kesempatan saya akan membahas bagaimana cara terbaik agar blog muncul (tampil) di halaman pertama Google atau mengenai persaingan di mesin pencari Google.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

2 Responses to "7 Cara Agar Artikel Blog Muncul Di Google Paling Atas"

  1. Mantap, artiel seperti ini adalah artikel yang saya tunggu di blog ini, dan karena pembahasannya saya sekarang tau bahwa tidak hanya SEO yang akan membuat blog kita muncul di halaman pertama google. Ternyata masih banyak optimasi untuk membuat artikel dapat muncul di halaman pertama google. Good Job mas, artikel yang sangat membantu pemula seperti saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas Gamers. Betul sekali, bukan hanya SEO yang dibutuhkan untuk muncul di halaman pertama Google, tapi ada hal lain yang terlupakan oleh owner situs. SEO kalau kita tarik dalam pemahaman paling sederhana adalah, hal-hal yang perlu di tingkatkan di mesin pencari. Walaupun tidak hanya SEO, bukan berarti kita melupakan SEO, karena jika salah satunya dilupakan, jangan pernah bermimpi besar untuk menang bersaing di mesin pencari dengan situs besar yang sudah memiliki PA dan DA jempolan untuk beberapa hasil kata kunci penelusuran.

      Delete

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.