7 Cara Agar Artikel Blog Muncul Di Google Paling Atas - Nino Artikel

7 Cara Agar Artikel Blog Muncul Di Google Paling Atas

Cara paling cepat agar Blog muncul di Google paling atas atau tampil di halaman pertama Google dapat dilakukan oleh siapa saja, sekalipun dilakukan oleh seorang blogger pemula. Agar website atau blog anda tampil di halaman pertama Google search (Rangking 1 di Google) dan mendapatkan posisi terbaik, anda membutuhkan kemampuan menganalisa judul postingan yang muncul di pencarian Google.

Cari tahu judul postingan para pesaing anda dan lakukan modifikasi. Ingat, judul postingan yang muncul di Google search engine boleh anda tiru sepenuhnya, tetapi tidak dengan isi artikel, karena jika anda tiru juga, maka harapan anda untuk meraih posisi terbaik di pencarian Google akan pupus. Pertanyaan paling umum yang sering ditanyakan mengenai page one (halaman pertama) adalah sebagai berikut:

Mas, agar blog muncul di Google paling atas bagaimana caranya? Saya sudah coba berbagai macam cara untuk menampilkan blog di urutan pertama Google, tapi kok gagal dan sulit ya? Sebenarnya ada tidak sih cara rahasia masuk ke halaman pertama mesin pencari Google?

Cara agar blog masuk ke dalam search engine Google atau agar situs mudah ditemukan di Google tentunya anda perlu melakukan verifikasi situs di Google Webmasters terlebih dahulu, Setelah itu baru ada 7 poin berdasarkan pengalaman pribadi agar blog muncul di Google pencarian.

Namun, hal ini tidak serta merta membuat setiap judul posting yang memiliki kata kunci (keyword) apapun dapat muncul di Google paling atas. Mengapa kata kunci (keyword) apapun tidak dapat muncul di Google paling atas?

Karena bukan hanya anda yang membuat konten artikel, bukan hanya anda yang ingin agar konten pada blog muncul di halaman pertama Google. Ada persaingan di sana dan itu artinya ada kata kunci (keyword) yang memiliki persaingan tinggi bahkan sangat tinggi.

Apakah anda bosan dengan pembahasan umum yang sudah sering anda baca di situs lain mengenai persaingan kata kunci dan sejenisnya? Jika iya, beberapa poin klasik tersebut tidak akan saya ulas. Oke langsung saja, berikut ini adalah 7 cara agar blog muncul di Google paling atas.
Agar Artikel Blog Muncul Di Halaman Pertama Google Paling Atas
7 Cara Agar Artikel Blog Muncul Di Google Paling Atas
1. Pahami sistem algoritma Google, contohnya seperti sistem terbaru algoritma fred sebagai pendukung praktik belajar SEO. Artikel yang hanya ramah bagi manusia atau pengunjung saja itu tidak cukup baik untuk bersaing di halaman pertama Google, terlebih jika kata kunci memiliki tingkat persaingan tinggi dan di dominasi oleh situs besar.

2. Pelajari strategi menulis artikel SEO dan strategi membuat artikel berkualitas. Artikel SEO tidak cukup baik bagi pengunjung, setinggi apapun tingkat SEO pada artikel buatan anda. Jika artikel tidak berkualitas menurut manusia, maka artikel yang sudah muncul di halaman pertama Google akan cepat turun.

3. Lakukan optimasi artikel agar ramah mesin pencari dan ramah pengunjung. Artikel yang dibuat secara optimal usahakan tidak berat sebelah. Konsep optimasi artikel adalah perpaduan antara artikel ramah pengunjung dan artikel ramah mesin pencari.

4. Anda perlu mengetahui posisi ranking artikel di Google agar dapat mengukur kemampuan diri dalam pembuatan konten artikel. Mengetahui sedang berada di halaman dan posisi (urutan) ke berapa posting artikel dilakukan agar anda dapat melakukan perbaikan atau pengembangan kualitas artikel di SERPs.

5. Dilarang melakukan rewrite artikel. Penulisan ulang artikel (rewrite article) yang salah, masuk dalam kategori article spinner yang wajib anda hindari, kecuali anda sudah mengetahui teknik rewrite paling canggih abad ini. Pertimbangkan kualitas dan abaikan kuantitas, mengingat ada beberapa resiko dan kekurangan menggunakan artikel spinner.

6. Jadilah penulis artikel yang baik agar anda terhindar dari kebiasaan buruk melakukan penulisan konten artikel untuk blog kesayangan anda. Hindari kebiasaan buruk tersebut dengan cara mengetahui ciri-ciri penulis artikel yang baik dan berkualitas.

Dari ke 6 poin singkat tersebut merupakan kombinasi terbaik dan paling baru (update) berdasarkan eksperimen dan pengalaman pribadi. Terbukti, beberapa posting artikel di blog ninoartikel.com mampu bersaing dan muncul di halaman pertama Google paling atas.

Memang, tidak semua kata kunci mampu mendapatkan posisi terbaik di mesin pencari Google, mengingat ada beberapa faktor penentu terkait persaingan mendapatkan posisi terbaik di Google. Salah satu faktor penentu tersebut sudah saya jelaskan pada paragraf enam (6) di artikel ini.

Cara ke 7 agar artikel blog muncul di Google paling atas

Strategi terbaru paling ampuh abad ini dan mendatang adalah konten unik dan berharga. Google pencarian butuh konten unik dan berharga. Dengan konten unik dan berharga (original), artikel anda akan sangat cepat dan mudah muncul di halaman pertama Google.

Cara terbaik agar konten artikel original anda dapat bertahan lama di halaman pertama Google dan tidak mudah di geser posisinya oleh penulis lain, konten artikel buatan anda wajib memiliki komponen user experience (UX).

UX adalah kependekan kata dari kalimat User Experience. Jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia, user experience memiliki arti "pengalaman pengguna". Secara sederhana, penulis artikel di tuntut untuk memberikan pengalaman pengguna yang baik di situs web atau blog.

Faktor dan komponen user experience untuk blog atau website

Algoritma Google saat ini mengutamakan pengalaman pengguna (Faktor UX) sebagai tolak ukur naik dan turun nya posisi ranking artikel di halaman pertama Google search. Beberapa cara agar blog muncul di Google paling atas perlu memiliki komponen user experience (UX) sebagai berikut:
  • Navigasi yang jelas untuk mempermudah pengunjung dalam menjelajah atau menemukan tiap-tiap bagian konten situs.
  • Kecepatan loading situs akan memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna agar mereka tidak banyak membuang waktu untuk hal-hal yang dibutuhkan secara cepat.
  • Situs yang lebih mobile friendly di peruntukan untuk pengguna perangkat mobile, mengingat pengguna smartphone atau perangkat mobile selalu mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.
  • Desain situs dan jenis teks yang enak dipandang atau di lihat agar pengunjung betah berlama-lama dan mendapatkan kesan positif.
  • Halaman situs lebih relevan dengan judul postingan, agar konten artikel yang disarankan pada halaman pertama Google dapat memberikan nilai tambah bagi pengguna mesin pencari.
Beberapa poin tersebut akan memberikan pengalaman pengguna (user experience) yang baik dan menambah nilai kepentingan situs anda. Pengalaman pengguna yang berkualitas akan berdampak pada peningkatan durasi/waktu kunjungan situs web/blog. Konsep algoritma Google sangat sederhana sekali bukan?

Di lain waktu dan kesempatan saya akan membahas bagaimana cara terbaik agar blog muncul (tampil) di halaman pertama Google atau mengenai persaingan di mesin pencari Google.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

62 Responses to "7 Cara Agar Artikel Blog Muncul Di Google Paling Atas"

  1. Mantap, artiel seperti ini adalah artikel yang saya tunggu di blog ini, dan karena pembahasannya saya sekarang tau bahwa tidak hanya SEO yang akan membuat blog kita muncul di halaman pertama google. Ternyata masih banyak optimasi untuk membuat artikel dapat muncul di halaman pertama google. Good Job mas, artikel yang sangat membantu pemula seperti saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mas Gamers. Betul sekali, bukan hanya SEO yang dibutuhkan untuk muncul di halaman pertama Google, tapi ada hal lain yang terlupakan oleh owner situs. SEO kalau kita tarik dalam pemahaman paling sederhana adalah, hal-hal yang perlu di tingkatkan di mesin pencari. Walaupun tidak hanya SEO, bukan berarti kita melupakan SEO, karena jika salah satunya dilupakan, jangan pernah bermimpi besar untuk menang bersaing di mesin pencari dengan situs besar yang sudah memiliki PA dan DA jempolan untuk beberapa hasil kata kunci penelusuran.

      Hapus
  2. Siip bila urusan SEO mas nino momor wahid.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha.. Nggak juga lah bos, saya masih perlu belajar banyak.

      Hapus
  3. Selain Mengetahui keyword yang tepat, penambahan kata kunci turunan juga bisa diaplikasikan dalam sebuah artikel. Tips om nino sangat bagus untuk newbie seperti saya, terima kasih om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali mas, semoga tutorial di atas selalu relevan dan dapat digunakan disepanjang tren atau waktu dan disepanjang update sistem algoritma google dalam mengatur konten yang ada di halaman terbaik mesin pencari.

      Hapus
  4. Ndak mudeng aku. Wkwkwwkk...!!

    Belajar sih, tapi perlahan. Lagi sibuk banget di dunia nyata, jadi seonya masih mengandalkan "asal unix" (original, baik isi artikel atau pun gambar pendukung.

    Faktor lain yang berhubungan dengan seo, Insya Alloh segera menyusul dalam penerapan blogging saya.

    Haduh... bahasa sayanya njlimet ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Originalitas konten meliputi tulisan dan gambar dalam strategi SEO putih adalah faktor penentu terbaik agar posting atau judul artikel muncul di halaman pertama google. Lanjutkan mas, cara ampuh itu dan tentunya dapat meningkatkan kredibilitas di mata manusia. :D

      Hapus
  5. Aku musti banyak belajar lagi nih sama mas Nino, bacanya sambil ngopi enak nih..terima kasih infonya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, kita sama2 belajar dan merintis. :)

      Hapus
  6. ini baru ilmu...enak di baca..mudah di faham hahhaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, semoga blog nya mas Mur semakin meningkat traffic organik nya. Hehe..

      Hapus
  7. Balasan
    1. Bingung nya dimana? Silakan ditanyakan, sebisa mungkin akan saya jawab. :)

      Hapus
  8. Wah saya baru tau cara cek di google webmaster. Langsung coba, haha... dan Alhamdulillah banyak juga yang masuk top. Makasih banyak infonya, Mas Nino.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap pada masuk top pencarian. Terima kasih kembali sudah mau berkunjung mbak Nita. Hehe..

      Hapus
  9. Balasan
    1. Supaya gak bingung, silakan praktik kan satu per satu, jadi kebingungan nya nanti bisa lebih spesifik dijelaskan. Semoga membantu. :)

      Hapus
  10. Yang ini boleh ijin mas😊?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan mas, kalau saya sih yang penting tidak di duplikasi agar saling untung. :)

      Hapus
  11. Mantep mas,meskipun saya masih bingung tapi ada yang nyantol2 dikit 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha yang penting ada yang nyantol dikit mas. :D

      Hapus
  12. Kang nino, ada gak mas tool buat cari long tail keyword yg bagus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak alat untuk itu, tapi jujur saya malah lebih suka pakai cara manual dengan bantuan mesin pencari Google kang. :)

      Hapus
  13. sangat membantu informasi ini bos, salam sukses

    BalasHapus
  14. terimkasih ilmunya mas... ^_^

    BalasHapus
  15. Terimakasih gann sangat membantu sekalii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip, semoga bisa dijadikan artikel rujukan buat teman teman agan Panji. Terima kasih juga sudah mampir. :D

      Hapus
  16. waahh,, mantap ini Bang...makasih banyak Bang..(muhon keikhlasannya untuk saya mengapresiasikan semua ilmu dari Bang Nino..)...

    BalasHapus
  17. Balasan
    1. Terima kasih sob. Semoga bisa dipraktekkan dengan mudah. :)

      Hapus
  18. nice info, tapi agak masih bingung,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penjelasan diatas membutuhkan kata lebih banyak sebetulnya, supaya nggak bikin bingung beberapa pemain baru. Karena alasan sesuatu dan lain hal, sya hanya memberikan beberapa kata kunci dasar atau petunjuk (clue) pemahaman SEO website yang bisa dikembangkan mengikuti zaman nya.

      Hapus
  19. Seperti kata mas sugeng kalo tidak salah seperti ini "membuat artike SEO untuk google adalah bagus tapi membuat artikel berkualitas untuk pembaca adalah yang paling utama"
    Owh iya jangan lupa kunjungan baliknya ya www.ekopriantoblogs.top

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul itu mas, terima kasih udh mau mampir. 🙂

      Hapus
  20. gan mau tanya blog saya kok tidak bisa munul di google ya
    saya coba pake webmaster tool tapi masih bingung mas
    apakah adacara lain mas yang lebih simpel agar blog kita bisa muncul pertama di google

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara yang lebih simpel adalah menulis hal yang dipahami. Hindari mengincar kata kunci yang memiliki tingkat persaingan tinggi.

      Hapus
  21. Gan mau tanya cara agar blog cepat terindex oleh google selain menggunakan webmaster tool ada yang lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cepat atau lambatnya indeks artikel dikendalikan olah banyak faktor. Untuk bersahabat dengan indeks di Google pencarian, selain Webmaster Tool untuk saat ini belum ada. Semoga membantu. 🙂

      Hapus
  22. thanks tipnya, caranya mudah dipahami.

    BalasHapus
  23. Saya coba satu per satu dulu. Semoga berhasil. Hehehe.

    Sukses selalu ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke semoga berhasil. Thanks dan sukses juga untuk MasFim. Hehe..

      Hapus
  24. tolong dong, saya sudah ganti judul blog lalu blog saya tidak bisa di search dengan nama blognya yang baru padahal digantinya udah 3 bulanan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran saya submit ulang URL home page situs di search consol, setelah itu tunggu proses indeks nya.

      Hapus
  25. terimakasih akan saya praktekkan tahap demi tahap, mungkin memang benar kesabaran dan konsisten kunci utama dari seorang blogger.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke mantap dan terima kasih, sukses selalu utk dapur mamake. 🙂

      Hapus
  26. Balasan
    1. Lama juga gpp, yg penting hasilnya tidak mengecewakan. Hehe..

      Hapus
  27. Terimakasih atas penjelasannya ya

    BalasHapus

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Dilarang spam komentar dan menyertakan link aktif.