10 Cara Agar Tetap Nyaman Saat Naik Kereta Api Ekonomi

Harga tiket kereta api ekonomi yang tergolong murah, kerap menjadi alasan orang memilih moda transportasi ini. Pun karena bebas macet dan lebih cepat daripada naik kendaraan beroda empat. Apalagi, kereta ekonomi masa kini memiliki fasilitas lengkap. Mulai dari bentuk tiket hingga kursi dirancang mirip dengan pelayanan keberangkatan pesawat terbang.

Sistem penjagaan penumpang saat masuk ke gerbong pun persis seperti di bandara. Bahkan sekarang, kereta api ekonomi lebih disiplin dalam mematuhi jadwal keberangkatan. Namun, kenyamanan seseorang saat naik kereta tidak hanya dipengaruhi kelengkapan fasilitas dan layanan. Faktor kondisi kesehatan dan persiapan pun ikut menentukan.

Baca Juga: Tiket Kereta Api Wisata dan Kota Tujuan.

Lantas, bagaimana caranya agar tetap nyaman selama melakukan perjalanan menggunakan kereta api ekonomi? Berikut ini tips-tips atau cara yang bisa diterapkan.

1. Hindari Kursi di Dekat Toilet

Cara Agar Nyaman Naik Kereta Ekonomi
Hindari Kursi Dekat Toilet - blog.reservasi.com
Sebenarnya, kereta kelas ekonomi masa kini dilengkapi kursi ergonomis. Jadi, penumpang tak perlu takut sulit bergerak saat duduk. Namun, tidak ada salahnya menghindari kursi di dekat kamar mandi. Selain ruang kaki terasa lebih sempit, aroma toilet yang menyengat pun bisa mengganggu kenyamanan. Kalau memungkinkan, pilihlah kursi di bagian tengah gerbong.

2. Pastikan Ada Jendela di Samping Kursi

Agar Tetap Nyaman Jendela di Samping Kursi Kereta
Jendela di Samping Kursi - pixabay.com
Siapa bilang naik kereta api ekonomi bisa terhindar dari mabuk darat? Justru peluangnya lebih besar, karena gerbong kereta tertutup rapat dan ber-AC. Bagi yang tidak kuat, pasti merasa pusing dan mual. Untuk menyiasati hal ini, pastikan Anda duduk di dekat jendela. Jika gejala tersebut mulai dirasakan, alihkan pandangan mata ke luar jendela.

3. Bawa Bekal dan Air Minum

Bekal dan Air Minum di Kereta
Bekal dan Air Minum di Kereta- google.co.id
Meskipun di dalam kereta ada fasilitas jual beli makanan, tidak ada salahnya membawa bekal dari rumah. Selain lebih hemat, jenis santapan nya pun sesuai selera Anda. Jangan lupa, sertakan air minum dan jajanan kecil sebagai camilan saat perjalanan.

4. Pemesanan Tiket Harus Lebih Awal

Pemesanan Tiket Kereta Lebih Awal
Pemesanan Tiket Kereta Lebih Awal - phinemo.com
Menjelang libur panjang atau akhir pekan, tiket kereta api ekonomi biasanya cepat habis. Karena itu, Anda harus membeli tiket maksimal seminggu sebelum keberangkatan. Pastikan masih banyak kursi kosong supaya bisa memilih posisi yang tepat.

Jika tidak sempat mengantre di stasiun, Anda bisa pesan secara online. Misalnya, Anda ingin mendapatkan tiket kereta api yang hemat, Anda bisa langsung mengunjungi situs Traveloka. Melalui situs ini, pemesanan dapat dilakukan di tempat mana pun, bahkan dari kamar tidur.

5. Gunakan Bantal Ketika Tidur

Gunakan Bantal Ketika Tidur di Kereta
Gunakan Bantal Ketika Tidur di Kereta - google.co.id
Dulu, kursi kereta api ekonomi berbentuk memanjang, keras, dan tanpa nomor. Jangankan mendapat tempat duduk, bisa masuk ke gerbong pun sudah bersyukur. Sekarang, kondisi kursi lebih nyaman untuk melakukan berbagai aktivitas, termasuk tidur. Supaya kepala tidak terbentur saat tidur, gunakan bantal. Sebaiknya, membawa dari rumah sehingga tak perlu menyewa.

6. Dengarkan Musik

Mendengarkan Musik di Kereta
Mendengarkan Musik di Kereta - harianbernas.com
Musik adalah salah satu media terapi paling ampuh. Alunan musik bisa memunculkan berbagai rasa, misalnya menjadi lebih semangat atau tenang. Anda pun dapat mendengarkan musik selama perjalanan naik kereta untuk menghilangkan kejenuhan. Namun, gunakan headset agar tidak mengganggu penumpang lainnya.

7. Letakkan Barang-Barang di Bagasi

Letakkan Barang-Barang di Bagasi Kereta
Meletakkan Barang di Bagasi Kereta - phinemo.com
Meskipun Anda membawa sedikit barang, selalu letakkan di bagasi. Tujuannya supaya ruang kaki lebih luas. Tak perlu khawatir soal keamanan, bagasi terletak tepat di atas kursi penumpang. Selain itu, gerbong kereta pun dilengkapi CCTV sehingga mengurangi risiko pencurian.

8. Pakai Tas Ransel

Pakai Tas Ransel di Kereta
Memakai Tas Ransel di Kereta - 1.bp.blogspot.com
Mungkin, Anda terbiasa membawa banyak barang saat melakukan perjalanan ke berbagai destinasi wisata terbaik memakai koper. Namun, sangat merepotkan ketika naik kereta. Kenakan saja tas ransel berukuran besar untuk memuat perlengkapan. Jika tak cukup dengan sebuah ransel, tambahkan satu lagi berupa tas jinjing.

9. Melakukan Peregangan Setiap Dua Jam Sekali

Melakukan Peregangan di Kereta
Melakukan Peregangan di Kereta - cdn.metrotvnews.com
Perjalanan naik kereta jarak jauh bisa memakan waktu lebih dari 2 jam. Terlebih jika Anda berangkat dari ujung timur ke barat. Duduk terlalu lama bisa menimbulkan lelah di bagian kaki dan punggung. Karena itu, lakukan peregangan otot setiap dua jam sekali. Misalnya, dengan berjalan sebentar di lorong gerbong atau melakukan olahraga ringan di tempat duduk.

10. Hindari Gerbong Satu

Menghindari Gerbong 1 di Kereta
Menghindari Gerbong Satu - cdn2.tstatic.net
Posisi gerbong satu pasti berdekatan dengan lokomotif. Jika tidak menyukai kebisingan, sebaiknya hindari gerbong ini. Pasalnya, suara lokomotif terdengar sangat jelas dari sini. Anda bisa memilih gerbong ke-3 kalau ingin berada di rangkaian depan.

Itulah 10 cara agar tetap merasa nyaman saat naik kereta api ekonomi yang bisa dilakukan selama perjalanan. Jangan lupa membeli tiket kereta api lebih awal agar bisa memilih tempat duduk terbaik. Supaya pemesanan lebih cepat, gunakan jasa situs agen online, seperti Traveloka.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

2 Responses to "10 Cara Agar Tetap Nyaman Saat Naik Kereta Api Ekonomi"

  1. Tips yg paling keren mas. Kenyamanan tentu sangat ditargetksn oleh pelanggan ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, selain harga yang sesuai dan terjangkau, kenyamanan adalah poin paling penting dari banyaknya alasan yang dapat membuat pelanggan atau konsumen merasa perlu untuk bertahan dan merasa mendapatkan kepuasan atas layanan jasa yang diberikan.

      Delete

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.