Cara Membuat Blog di Blogger Lewat HP Untuk Pemula - Nino Artikel

Cara Membuat Blog di Blogger Lewat HP Untuk Pemula

Cara membuat blog di blogger lewat HP selain mudah dilakukan ternyata juga Gratis. Bagi pemula yang memutuskan ingin membuat blog melalui beberapa platform blogging atau situs untuk membuat blog Gratis, mendaftarkan akun baru di google blogger adalah pilihan yang tepat, mengingat tutorial blogging untuk blogger/blogspot lebih mudah ditemukan di hasil pencarian Google dibandingkan platform lain.

Belum punya komputer atau laptop? Tenang, kita bisa membuat blog gratis di blogspot terbaru lewat HP secara cepat, mudah dan gratis tentunya.

Apakah tanpa komputer desktop atau laptop kegiatan blogging tetap bisa dijalankan? Tentu saja bisa. Di lain kesempatan saya akan membuat tutorial blogging khusus untuk pengguna smartphone atau handphone (HP).

3 Langkah Membuat Blog Gratis di Google Blogger Terbaru Lewat HP

Anda wajib memiliki akun email Gmail valid atau aktif untuk digunakan mendaftar akun Google Blogger. Membuat blog lewat HP lebih mudah dilakukan dengan bantuan browser Google Chrome. Beberapa alat perlengkapan untuk membuat blog lewat HP sebagai berikut:
  • HP Dengan OS Android
  • Browser Google Chrome
  • Koneksi Internet
1. Kunjungi situs resmi Google Blogger yang beralamat di https://www.blogger.com/go/createyourblog untuk membuat blog baru di google blogger dan pastikan anda membuka tautan tersebut menggunakan browser Google Chrome di HP anda.

Tenang saja, membuat blog di blogger gratis selamanya, termasuk gratis hosting dan sub domain blogspot.

2. Setelah itu, anda akan melihat halaman pendaftaran buat blog baru di blogger. Isi judul, alamat dan sesuaikan tema/template blog sesuka hati anda. Usahakan judul dan alamat blog yang anda buat mewakili isi konten artikel yang nantinya akan anda tentukan berdasarkan niche blog.
Halaman Pendaftaran Blog di Blogger Lewat HP
Pendaftaran Blog Baru di Blogger Lewat HP
Keterangan: Sewaktu anda mengisi alamat blog dan mendapati pesan "Maaf, alamat blog ini tidak tersedia", sebaiknya anda cari alamat blog lain yang masih tersedia.
Agar ketersediaan alamat blog dapat di cek otomatis oleh bot google blogger, anda ketuk saja alamat blog yang tampil dekat kolom alamat blog yang kita isi. Lihat contoh gambar di bawah ini untuk memperjelas maksud.
Memilih Alamat Blog di Blogger Lewat HP
Memilih Alamat Blog di Blogger Lewat HP
3. Setelah kita isi dan keterangan alamat blog masih tersedia, kita bisa lanjut dengan cara ketuk/klik tombol Buat Akun.
Buat Blog Baru di Blogger Lewat HP
Buat Blog Baru di Blogger Lewat HP
Catatan: Ketersediaan alamat blog akan di cek otomatis oleh bot google blogger, jika anda mendapati keterangan "alamat blog ini tersedia", berarti alamat blog tersebut bisa digunakan.
Tema/template blog dari blogger secara default untuk blog baru adalah Cantempo. Jangan khawatir, tema untuk blog bisa kita pilih dan disesuaikan setelah blog sudah selesai kita buat.

Antarmuka halaman blog dari blogger setelah blog berhasil kita buat kurang lebih tampilan nya akan seperti gambar di bawah ini.
Penampilan Blog Baru di HP
Penampilan Blog Baru di HP
Penutup

Cara membuat blog lewat HP sangat cepat dan mudah, karena kita hanya butuh waktu kurang dari 1 menit blog sudah siap digunakan.

Tantangan seorang blogger setelah blog selesai dibuat adalah merawat blog dan mengisi blog dengan konten.

Untuk anda yang ingin mengisi konten artikel di blog baru, anda bisa membaca tutorial tentang cara menulis artikel dan contohnya di blogger.

Membuat blog dengan cara mudah namun tetap terlihat profesional gimana sih? Silakan baca juga tutorial lengkap mengenai cara membuat blog dengan mudah.

Apakah tutorial 3 langkah membuat blog baru lewat HP di browser Google Chrome mudah dipahami? Anda bisa kirim pertanyaan melalui kolom komentar yang tersedia di bawah posting artikel ini.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

41 Responses to "Cara Membuat Blog di Blogger Lewat HP Untuk Pemula"

  1. Informasinya bermanfaat, bangat kang 😁

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Oke sama2 gan, semoga bermanfaat.

      Hapus
  3. Sangat bermanfaat bagi para pemula dengan keterbatasan perangkat .....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga keterbatasan perangkat tidak lagi menjadi kendala utama bagi para pemula. Walaupun kurang maksimal, minimal tak menjadi beban paling mendasar.

      Hapus
  4. Balasan
    1. Terima kasih dan semoga bermanfaat. :)

      Hapus
  5. Sangat bermanfaat dan berguna bagi nusa dan bangsa. *abaikan yang ini lebay πŸ˜‚
    Sangat bermanfaat bagi saya yang masih baru/pemula. Terima kasih bang 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha bisaan aja muji nya. Terima kasih bos. :D

      Hapus
  6. Blog kita daftarkan lewat hp apa bisa kita daftarkan ke Gugel adsene boss

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah jadi juga blogger aku https://marketingapartmenttamansariiswara.blogspot.co.id/ terimakasih banyak ya mas panduannya. tapi kenapa blog aku sangat lama ya munculnya. punya website mas munculnya cepat. itu kenapa ya mas blogger saya bisa lambat begitu muncul nya ? terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang dimaksud muncul lama dan cepat itu apa nya ya? Apakah konten di google pencarian? Jika iya, sebelum membuat konten verifikasi situs/blog nya ke Google webmaster dan jgn lupa kaitkan juga Google analytic sebagai alat pelacakan kunjungan nya. :)

      Hapus
    2. iya mas konten di pencarian google juga. sama ini mas, pas di buka blog aku lambat atau lama munculnya enggak cepet gitu, gak kaya blog yang lain. saya sudah coba mas ke webmaster dan google analitik sudah saya daftarkan. terimakasih mas sudah mau membantu saya. saya juga baru bikin blog ini di bantu teman, soalnya rata2 temen saya pada bikin blog juga buat masarin nya. terimakasih ya mas bantuannya.

      Hapus
    3. Oke terima kasih kembali. Soal loading blog, ada banyak pilihan dan banyak hal yang perlu dibenahi. Yang paling praktis gunakan template yang dapat membuat laman lebih cepat.

      Banyak sekali template bikinan blogger ternama yang memberikan tampilan cantik namun loading blog ringan.

      Pilihan lain, bisa juga menggunakan template bawaan blogger yang terbaru. Jenis template terbaru yang disediakan blogger.com rata2 sudah cakep secara tampilan dan kecepatan loading blog.

      Hapus
  8. setelah menjelajah dan memahami, akhirnya jadi juga www.buletblog.com ya walaupun masih jelek dan berantakan, dan terimakasih mas sudah berbagi caranya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali, semoga blog nya semakin rame mas. :)

      Hapus
  9. Terimakasih ya ka
    Ini sangat bermanfaat buat saya
    Jdi saya sekarang punya blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya terima kasih kembali, semoga lancar ya kegiatan blogging nya. Hehe..

      Hapus
    2. Gan mhon pencerahanya,saya posting pertama kok ga ada wktu saya kunjungi blogs saya

      Hapus
  10. Gan aku sudah buat blog tpi pas saya kunjungi alamatnya posting pertama saya ga ada,pdahal saya sudah post, mhon pencerahanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan nggak ada, sepertinya mas ANT7 masuk di dasbor blogger yang baru. Caranya unah sesuai keinginan, lihat di kiri atas, tepat di atas tulisan Lihat blog,terus pilih alamat blog yang mau dilihat. Semoga dapat dipahami. :)

      Hapus
  11. Saya selama ini ngeblog cuma lewat hp mas. Kendala ngeblog lewat hp adalah gak bisa edit template blog. Saya berharap kedepannya saya bisa beli laptop. Amiiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan susah dan kurang praktis kalau pakai HP, walaupun sudah banyak hal yang bisa dilakukan menggunakan HP. Saran saya, sebelum beli Laptop, beli aja komputer biasa, minimal sudah Pentium 4 dan Dual Core.

      Harga nya jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan Laptop. Selain itu, komputer desktop lebih tahan lama dibandingkan dengan Laptop untuk urusan blogging hampir 24 jam per hari.

      Hapus
  12. Makasih bang. Sangat membantu.. saya akan coba belajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke, terima kasih. Selamat mencoba sob. :)

      Hapus
  13. Nama subdomain itu apa ya?
    Pas buat nama blog, terus gagal karena "nama subdomain tidak tersedia"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama subdomain secara sederhana bisa diartikan sebagai nama domain yang masih terhubung ke nama domain utama (root domain: contohnya blogspot). Alamat blog (domain) bisa tidak tersedia karena nama tidak disediakan. Jadi, kalau tidak tersedia, maka sebaiknya cari saja (ubah nama) nama domain yang lain.

      Hapus
  14. Kang nino, kalau mau isi blog dengan cerpen, bagaimana caranya.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau blog sudah jadi, blog bisa di isi dengan konten apa saja tanpa cara khusus. Di artikel saya yang lainnya, ada kok cara mengisi artikel di blog. :)

      Hapus
  15. Terimakasih , membantu sekali.

    BalasHapus
  16. Mas, gmna cara daftarin blog ke Adsense lwt hp
    Trus gmna cara bikin menu kyk di bagian paling atas blog
    Gmna cara mas buat SEO blog?
    Makasih, maaf banyak nanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Buka situs adsense melalui browser google Crome.
      2. Download template di situs yang menyediakan template blog, ada banyak menu yang tampilannya seperti itu.
      3. Penjelasan itu sebagian sdh saya tulis di blog, silakan baca artikel lain di blog ini.

      Semoga membantu dan terima kasih sudah berkunjung. ☺️

      Hapus
  17. Kak, aku udh coba addressnya tapi salah trs udh brp kali dicoba itu knp ya ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gunakan kombinasi kalimat yang berbeda dan agak panjang. Semoga membantu. ☺️

      Hapus
  18. gan,mohon bimbingan nich saya baru bikin blog,ya lewat tutorial dr sini saya bener" gaptek nich,udah bisa pist dua kali tp untuk ketiga kalinya ga bs langsung di publish tp kok ada tulisan terjadwalkan,maksudnya gimana? saya bingung gan,mohon di balas yaπŸ™

    BalasHapus
  19. gan mohon bimbingan😫😫 aku pingin bikin blog pribadi,kayak diary gitu. saya bingung,udh jd sih blognya udh bs dua post nah pas mau post lg ga bs" ada tulisan terjadwal kan,mohon pencerahan pengarahan gan ,syukur" bs di kasih no wa 😊 terimakasih πŸ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan follow akun Google+ saya supaya bisa berbagi screenshot untuk penjelasan dan pertanyaan yang lebih jelas. Semoga membantu. :)

      Alamat Google+ saya: https://plus.google.com/+NinoArtikel .

      Hapus

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.