Cara Membuat atau Menulis Artikel untuk Tugas Kuliah - Nino Artikel

Cara Membuat atau Menulis Artikel untuk Tugas Kuliah

Membuat atau menulis artikel untuk tugas kuliah, berbeda dengan artikel umum lainnya. Artikel yang dibuat mahasiswa untuk tugas kuliah biasanya bersifat ilmiah. Baik yang relatif ringan seperti opini hingga jurnal ilmiah. Dengan kata lain, materi yang akan dibahas harus di garap secara serius untuk memenuhi persyaratan dan penilaian dari dosen.

Teknis nya, anda perlu mengetahui gaya penulisan yang tepat dan kata-kata baku yang tercantum di dalam KBBI maupun EBI. Berikut beberapa langkah membuat atau menulis artikel untuk tugas kuliah.
Cara Membuat Artikel untuk Tugas Kuliah
Menyusun Artikel Untuk Tugas Kuliah

Mempelajari Jenis Artikel yang akan Ditulis

Kenali dulu jenis artikel yang akan anda tulis. Apakah akan menulis opini, esai, atau jurnal ilmiah? Pelajari tipe-tipe artikel tersebut, karena setiap tulisan mempunyai tipe dan karakteristik yang berbeda.

Jangan nekat melanggar atau 'mengembangkan' format yang bukan menjadi ketentuan, sekalipun atas alasan kreativitas. Karena hal itu akan membuat artikel anda mendapatkan nilai buruk bahkan ditolak dosen yang bersangkutan.

Kalaupun anda ingin menambahkan atau mengurangi, ada baiknya tanya dulu ke dosen supaya tidak salah langkah.

Memperkaya Referensi sesuai Bidang atau Jurusan

Karya tulis ilmiah pada dasarnya mempunyai dasar pengerjaan yang sama. Namun, yang membedakan gaya penyampaian atau format nya adalah program/bidang studi atau jurusan yang di ambil.

Ada gaya selingkung (style guide) atau in-house style yang disepakati dan harus dipatuhi kalau anda ingin membahas topik dari bidang yang bersangkutan.

Jadi, kalau anda belum pernah mengerjakan tugas kuliah yang cenderung bersifat ilmiah, perkayalah referensi artikel dengan membaca kumpulan esai, opini, atau jurnal ilmiah yang disediakan pihak universitas.

Menulis Berdasarkan Petunjuk penulisan Artikel

Penting bagi anda selaku penulis artikel untuk menulis berdasarkan petunjuk penulisan yang telah disediakan. Langkah ini bertujuan untuk menghindari kesalahan, terutama bagi anda yang belum terbiasa menulis dengan gaya selingkung.

Petunjuk penulisan pun dapat memudahkan anda mengelola materi yang akan diungkapkan pada artikel. Selain itu, di pihak dosen juga akan lebih mudah menilai dan memahami poin-poin karya tulis yang anda sampaikan.

Memeriksa Ulang/kroscek Data yang Digunakan

Referensi yang anda gunakan baik metode analisis, maupun penyajian artikel, harus valid atau akurat. Jika artikel yang anda tulis bersifat sangat ilmiah, maka referensi yang anda rujuk perlu memenuhi kaidah akademik.

Kaidah akademik ini seperti adanya perlakukan pembanding/kontrol, pengulangan dan randomisasi, meliputi ketentuan statistik, dan menggunakan metode penelitian yang tepat.

Kemudian, tulisan yang anda buat perlu mencakup uji statistik. Referensi yang anda ambil harus sudah teruji dengan tabulasi yang disajikan dalam bentuk gambar sesuai kaidah keilmuan dan persyaratan.

Memastikan Tak ada Masalah kepemilikan Hak Cipta

Kasus plagiasi (plagiat) di ranah universitas masih kerap ditemui. Sejumlah oknum lebih suka mencari data dari internet dan menyalin nya tanpa penyaringan.

Agar terhindar dari hal tersebut, pastikan referensi atau rujukan yang anda gunakan memang ditulis oleh penulisnya, bukan hasil jiplakan. Tidak sulit bagi para dosen untuk mengetahui keaslian tulisan yang anda buat.

Penutup

Jika anda ketahuan menjiplak karya tulis, maka artikel buatan anda akan langsung ditolak. Mudah-mudahan informasi di atas bisa membantu anda yang sedang menyusun artikel untuk tugas kuliah. Semoga bermanfaat.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

0 Response to "Cara Membuat atau Menulis Artikel untuk Tugas Kuliah"

Post a Comment

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.