Contoh Artikel Sederhana dan Tips Penulisannya - Nino Artikel

Contoh Artikel Sederhana dan Tips Penulisannya

Fleksibilitas yang ditawarkan artikel memudahkan siapa saja untuk menulis apa yang diinginkan. Membuat artikel sederhana bisa dimulai dari kalimat yang lebih umum atau pembahasan yang sudah dikuasai. Berikut, contoh dan tips penulisannya.
Contoh Artikel Sederhana
Contoh Artikel Sederhana

Contoh Artikel Sederhana

HP Lag dan Boros Baterai, Perlukah Beli yang Baru?

Membeli HP baru saat terjadi permasalahan seperti lag dan boros baterai dianggap sebagai pilihan tepat. Padahal, membeli HP/ponsel baru hanya karena dua persoalan tersebut bisa dikatakan pemborosan uang.

Sebelum uang tabungan anda digunakan untuk membeli HP baru, sebaiknya baca beberapa poin berikut ini.

Ganti Baterai HP

Baterai HP yang boros memang menjengkelkan, apalagi HP sering digunakan untuk bermain game. Daripada membeli HP baru, ganti saja baterai HP nya.

Ganti Memori Eksternal

Ngelag pada HP tak selalu karena RAM yang terbatas, tapi bisa juga disebabkan oleh banyak nya aplikasi atau file ukuran besar yang tersimpan di memori internal.

Dengan kapasitas memori eksternal yang lebih besar, anda bisa memindahkan aplikasi atau file ukuran besar ke memori eksternal.

Mengatur Aplikasi

Terlalu banyak menginstal aplikasi bisa jadi pemicu lag dan boros baterai pada HP. Sebaiknya hapus beberapa aplikasi yang tak begitu penting.

Aplikasi yang jarang digunakan bisa anda nonaktifkan! Selain HP menjadi ringan, cara ini akan membuat baterai HP menjadi lebih irit.

Factory Reset

Apakah anda sering melihat iklan di HP muncul secara tiba-tiba? Mungkin HP anda terinfeksi Malware! Jika ini terjadi, maka factory reset adalah solusi paling praktis agar HP tidak lag dan boros baterai.

Kesimpulan

Sebelum membeli HP baru, sesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat kerusakan nya. Jika sudah tidak bisa diperbaiki atau biaya perbaikan mendekati harga HP, maka membeli HP baru adalah keputusan tepat.

Tips Membuat Artikel Sederhana

Tanpa ide atau gagasan, mustahil hasil tulisan bisa maksimal. Sebaiknya, pilih ide yang dikuasai saja. Setelah ide nya ketemu, kembangkan ide tersebut menggunakan rumus 5W1H.

Tentukan Judul Artikel

Judul artikel yang anda pilih bisa saja bersifat tentatif, jadi anda dapat menggantinya setelah konten artikel selesai dikerjakan.

Gunakan Kalimat Ringkas

Pengunjung cenderung malas membaca artikel yang tidak ringkas. Kalimat yang ringkas akan membuat mata pembaca tidak mudah lelah dan bisa mengikuti alur tulisan sampai selesai.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

12 Responses to "Contoh Artikel Sederhana dan Tips Penulisannya"

  1. Membuat artikel yanq seperti ini banq memanq sanqat sederhana dan praktis, perlu penquasaan pada alur pembahasan artikel tersebut, tapi terkadanq kendala sebaqai bloqqer pemula terletak pada cara penyampaian bahasa yanq kuranq pasih.. Ini yanq sulit banq.. Kalau memakai qaya bahasa sendiri belum tentu oranq lain menyukai apa yanq kita sampaikan.. Dan masalahnya terletak baqaimana menata gaya bahasa, kata atau apalah qitu, yanq baik, benar dan formal.. Kasih pencerahan banq..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Justru gaya bahasa sendiri itu yang dicari-cari. Setiap penulis blog/website pengen punya khas (gaya penyampaian) melalui tulisan.

      Artinya tetap lah jadi diri sendiri yang lebih baik. Karena dengan berjalannya waktu, secara otomatis keahlian menulis bakal terasah.

      Situs yang sering kita baca, akan mempengaruhi cara kita menulis, walaupun nggak total (berharap jgn niru sepenuhnya).

      Cara penyampaian yang apik terbangun dari kebiasaan. Kalau nggak dibiasakan menulis artikel sendiri, kemampuan menyampaikan pikiran melalui tulisan, perlahan tapi pasti akan mengalami penurunan.

      Selain membiasakan diri untuk terus menulis, seorang blogger juga harus membiasakan diri berdiskusi dalam bentuk tulisan di berbagai forum dan semacamnya.

      Rajin baca + rajin berdiskusi + rajin menulis = Keahlian menulis akan meningkat secara signifikan, karena pembendaharaan bahasa juga ikut meningkat.

      Hapus
    2. Anda luar biasa banq, masukan dan tips pencerahannya diterima dengan baik.. Semoqa kedepannya kita tetap terus berkembanq banq..

      Hapus
    3. Aamiin. Semoga situs yang kita miliki berkembang ke arah yang lebih baik. Terima kasih sob. :)

      Hapus
  2. Kalau saya diselang-seling, kadang bikin artikel yang panjang dan kadang bikin yang pendek. Variasi membuat pengunjung punya banyak pilihan sesuai selera.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita mirip2. Kalau soal jumlah kata, saya nggak pernah terlalu mikirin. Jadi, kadang tulisan saya pendek, kadang bisa panjang nggak ketulungan kang. Hehe..

      Hapus
  3. Topik yang menarik ini
    Dan bisa dieksplor lagi setiap bagiannya secara lebih mendalam, sehingga efeknya bukan hanya motivasi, tapi juga jalan yang terang benderang secara teknis. Mantap Bung Nino!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah padahal ini artikel sederhana dan tips nya pun sederhana, ternyata kang Erianto yang bisa dibilang senior baca juga. Hehe.. Terima kasih kang. :D

      Hapus
    2. Hahaha ... senior gimana ini Bung Nino. Sama-sama

      Hapus
    3. Ya senior dalam dunia perbloggeran. Pura2 nggak tau nih. Haha..

      Hapus

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.