Cara Memulai Usaha Menulis Artikel Online - Nino Artikel

Cara Memulai Usaha Menulis Artikel Online

Cara memulai usaha penulisan artikel online dapat dilakukan dengan beberapa tahapan. Mulai dari membiasakan membaca, memahami materi, dan belajar menulis artikel yang baik. Ada beberapa tips simpel yang bisa digunakan untuk memulai usaha menulis artikel online, diantaranya menyiapkan media untuk melakukan promosi dan memberikan harga yang menarik.
Cara Memulai Usaha Menulis Artikel Online
Cara Memulai Usaha Menulis Artikel

Cara Membuka Usaha Penulisan artikel Online

Untuk membuka usaha menulis artikel online, ada beberapa langkah yang perlu dijadikan perhatian, sehingga bisa menjadi penulis artikel yang sukses.

#1. Memiliki Semangat

Langkah pertama yang harus dimiliki oleh seorang penulis adalah semangat yang tinggi. Tanpa semangat yang tinggi dapat menyebabkan pesanan menumpuk, hasil tulisan tidak maksimal, dan masih banyak lagi hal buruk yang diakibatkan oleh rasa kurang bersemangat.

#2. Hobi Membaca

Memiliki hobi membaca sangat penting bagi seorang penulis, karena seorang penulis pasti dihadapkan dengan berbagai tema tulisan yang berbeda-beda. Misalnya seperti tema kesehatan, teknologi, pariwisata bahkan bisnis.

#3. ‎Menguasai Banyak Materi

Setelah memiliki hobi membaca, langkah selanjutnya adalah berusaha memahami banyak materi. Seorang penulis dituntut untuk mudah memahami berbagai macam materi sehingga pada saat mendapatkan pesanan dengan tema baru, tidak kesulitan dan lebih mudah mengerjakannya.

#4. Hobi menulis

Langkah terakhir dan merupakan langkah paling penting adalah menulis. Setelah membaca dijadikan hobi dan mudah dalam memahami materi, menulis bukan lagi menjadi hal yang sulit dikerjakan. Meskipun begitu, penulis perlu memperhatikan hasil tulisannya, mulai dari hal yang ditulis, sampai tata cara penulisan agar tidak terjadi salah ketik.

Sebenarnya hal yang perlu menjadi perhatian sederhana (simpel), tapi kalau tidak dilakukan secara sungguh-sungguh hal tersebut dapat menyebabkan gagal dalam membuka jasa menulis artikel online.

Tips Menulis Artikel Online

Ada beberapa tips agar dapat menarik perhatian klien saat menjalankan usaha menulis artikel online.

#1. Menyiapkan Media Promosi

Dalam membuka usaha menulis artikel online perlu memiliki sasaran yang akan digunakan sebagai media penawaran. Seperti website, atau pun blog dengan domain TLD agar terlihat lebih profesional. Selain itu bisa juga melalui google+, facebook dan sejenisnya.

#2. Promosi

Melakukan promosi adalah hal penting untuk semua jenis usaha, sama halnya dengan usaha menulis artikel online. Promosi dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, contohnya memberikan harga yang sepadan, memberikan potongan harga dan sebagainya.

#3. ‎Membuat List Pelanggan

Jika hasil yang diberikan memberikan kepuasan terhadap pelanggan, maka membuat daftar pelanggan perlu dilakukan agar mudah memahami minat pelanggan dan dapat memberikan pelayanan yang membuat mereka puas, sehingga pelanggan menjadi percaya.

#4. ‎Memberikan Garansi

Agar konsumen tertarik untuk memesan artikel, penulis perlu memberikan garansi. Garansi yang diberikan dapat berupa pemberian revisi atau pun mengembalikan uang pelanggan apabila artikel yang dibuat tidak sesuai dengan pesanan.

#5. Memberikan Hasil Tulisan yang Maksimal

Menjadi hal yang sia-sia kalau hasil tulisan yang diberikan buruk. Definisi buruk di sini adalah artikel yang dibuat tidak informatif, terlalu banyak basa-basi, susah di pahami dan terlalu banyak salah ketik.

Agar terhindar dari semua hal itu, penulisan artikel perlu dilakukan dengan cermat dan teliti. Baca juga artikel sebelumnya mengenai ciri-ciri penulis artikel yang baik.

Penutup

Sebenarnya cara memulai usaha penulisan artikel mudah dimengerti dan tidak sulit untuk diterapkan, namun tak jarang seorang penulis mengabaikan cara sederhana tersebut sehingga hasil tulisan tidak maksimal. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

5 Responses to "Cara Memulai Usaha Menulis Artikel Online"

  1. Salut dengan kesungguhan dan kesabaran Bung Nino dalam memecah topik ini menjadi bagian-bagian yang terstruktur. Kalau saya tidak sabaran. "Jika ditanya pada saya bagaimana caranya agar kita bisa menjadi penulis bayaran secara online?" Jawaban saya singkat saja: "Gila baca dan gila tulis! Soal teknis, itu hanya soal tambahan yang akan menyusul kemudian"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas. Betul, strategi terbaik akan menyusul karena adanya tambahan jam terbang (pengalaman) menjadi seorang penulis content atau content writer. Ada hal lain di artikel atas yang belum saya tambahkan, yakni perlu juga bekerja dengan tim kalau jasa penulisan artikel nya sudah mulai ramai mendapatkan pesanan.

      Delete
  2. wah kalau semua saran pada artikel ini diterapkan, saya yakin setiap tulisan kita pasti akan bernilai tinggi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mas. Banyak hal sepele atau sederhana mengenai penulisan artikel, tapi karena sesuatu dan lain hal terkadang sering diabaikan dan terabaikan.

      Delete

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.