Cara Membuat Blog di WordPress Bagi Pemula - Nino Artikel

Cara Membuat Blog di WordPress Bagi Pemula

Bagaimana cara membuat blog di WordPress bagi pemula? Banyak orang menganggap bahwa membuat blog dengan platform WordPress itu rumit, padahal justru sebaliknya. Saat ini untuk membuat blog yang dihosting sendiri (self hosted) terbilang mudah. Hanya sekali aksi, blog sudah jadi dan siap digunakan.

Dari sekian banyak platform blogging, Blogger dan WordPress adalah yang paling populer. Kebanyakan orang cenderung menggunakan Blogger (blogspot) karena terkesan mudah. Selain itu, platform Blogger juga disediakan secara gratis oleh Google.

Namun tak sedikit pengguna blog yang beralih ke platform WordPress self hosted, karena di WordPress banyak sekali fitur yang mempermudah kegiatan blogging. Misalnya, terdapat ribuan tema (theme) dan plugin gratis.

Dari beberapa data perbandingan (komparasi) di tahun 2017 yang saya temukan, jumlah pengguna WordPress meningkat sebesar 60%, masih jauh lebih banyak dibandingkan dengan pengguna platform blog lainnya.
Cara Membuat Blog di WordPress
FreshSites CMS Statistic 2017
Hal ini menunjukkan bahwa platform atau CMS (content management system) WordPress dari tahun ke tahun semakin populer.

Perlu diketahui juga, menggunakan platform WordPress saat ini relatif aman, karena dalam hal security WordPress sudah banyak mengalami peningkatan.

Persiapan Untuk Membuat Blog di WordPress

Bagi pemula, mungkin masih bingung harus memulainya dari mana. Untuk Membuat Blog di WordPress Self Hosted, anda harus menyiapkan beberapa hal dibawah ini:
  1. Domain
  2. Hosting
  3. Theme
Pada poin nomor 3, anda bisa menggunakan atau memilih salah satu theme yang disediakan secara gratis. Soal tampilan nantinya bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan dan selera.

Domain dan Hosting

Beberapa perusahaan jasa penyedia hosting memberikan domain secara gratis apabila anda menyewa paket hosting tertentu. Secara garis besar, hal ini akan lebih menghemat biaya, karena anda tak perlu membeli domain dan hosting secara terpisah.

Sebagai contoh; untuk registrasi nama domain, anda harus mengeluarkan biaya sekitar Rp. 120.000 per tahun. Tapi, dengan menyewa paket hosting antara Rp. 35.000-50.000 per bulan, biaya registrasi domain bisa anda dapatkan secara gratis.

Pastikan anda memilih jasa penyedia hosting terpercaya. Anda bisa mencari referensi hosting terbaik melalui internet untuk menentukan jasa penyedia hosting dalam atau luar negeri, yang nantinya dapat disesuaikan dengan biaya atau paket hosting yang anda gunakan.

Untuk pemula, saya sarankan menggunakan penyedia hosting Indonesia. Apabila mengalami masalah teknikal yang berhubungan dengan server hosting, anda bisa meminta bantuan pada customer service dengan mudah.

Langkah Mudah Membuat Blog di WordPress

Dibawah ini adalah panduan atau cara membuat blog di WordPress bagi pemula yang mudah dipraktekkan. Kita akan menggunakan fasilitas 1 click instaler dari Softaculous.

Perlu diketahui, Softaculous adalah perangkat lunak untuk melakukan instalasi CMS (termasuk wordpress) yang sudah terintegrasi dalam cPanel. Jadi anda tinggal mencari program ini untuk melakukan instalasi dengan satu kali klik atau aksi.

Install WordPress melalui cPanel

Setelah domain dan hosting yang anda pesan aktif, langkah selanjutnya adalah menginstall WordPress. Silahkan login ke cPanel dengan username dan password yang sudah diberikan oleh penyedia hosting.

Setelah masuk ke cPanel, cari menu Softaculous Apps Instaler. Seperti gambar dibawah ini:
Softaculous Apps Instaler
Softaculous Apps Instaler
Setelah itu, pada menu Softaculous pilih WordPress. Seperti gambar dibawah ini:
Install WordPress
Install WordPress
Langkah selanjutnya, klik Instal Now. Maka anda akan melihat tampilan pengaturan seperti dibawah ini:
Tahapan Install WordPress
Tahapan Install WordPress
Keterangan:
  • Choose protokol: Isi dengan ekstensi domain anda, misanya http:// atau http://www.
  • Choose domain: Isi dengan domain anda yang sudah diaktifkan.
  • In directory: Secara default akan tertulis WP, sebaikya hapus atau di kosongkan saja.
  • Site name: Isi dengan nama blog anda.
  • Site description: Isi dengan diskripsi blog anda.
  • Enable Multisite (WPMU) : Hilangkan tanda centang ini apabila anda tidak ingin membuat blog multisite.
  • Admin Username: Isi dengan username anda.
  • Admin Password: Isi dengan password anda.
  • Admin Email: Isi dengan email anda, biasanya secara default akan terisi alamat email baru dari domain anda.
  • Select Language: Ubah dengan bahasa Indonesia.
  • Select Theme: Anda bisa langsung menggunakan theme yang tersedia, atau bisa juga mengganti theme setelah WordPress terinstall.
  • Install: Isi dengan email Gmail anda, lalu klik tombol Install. Setelah proses instalasi selesai, anda akan menerima pemberitahuan melalui email.

Proses instalasi WordPress berjalan kurang lebih 5 menit (tergantung koneksi internet). Setelah proses instalasi selesai, anda bisa mengakses dashboard wordpress melalui URL login http://URL blog anda/WP-admin.

Kesimpulan

Membuat Blog di WordPress relatif mudah. Tinggal sekali aksi atau klik, blog WordPress sudah terinstall tanpa perlu keahlian yang mendalam. WordPress sengaja dirancang dengan segala kemudahan bagi para penggunanya.

Untuk proses selanjutnya, anda bisa memasang theme, plugin, dan hal penting lainnya agar blog baru anda ter-indeks dengan baik di mesin pencarian. Semoga bermanfaat.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

14 Responses to "Cara Membuat Blog di WordPress Bagi Pemula"

  1. Ask mas,apakah situs besar seperti google atau facebook atau yang lainya juga memakai wp mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Situs besar semacam Google dan Facebook agak sedikit merahasiakan nya. Apalagi Google. Pada umumnya sih mereka menggunakan bahasa pemrograman PHP, C++, D dan sebagainya untuk membangun atau mengembangkan situs raksasa tersebut.

      Kemungkinan sistem pengoperasian yang mereka gunakan nggak jauh2 dari Linux. Untuk lebih detailnya saya kurang tahu.

      Jadi kalau ditanya, apakah situs besar seperti Google dan Facebook menggunakan platform WordPress? Jawabannya bukan!

      Tapi kalau ditanya apa tepatnya? Nah ini yang perlu kita cari informasinya bareng2 mas. Hehe..

      Hapus
    2. Ikut nimbrung nih mas Nino. Google setahu saya tidak menggunakan WP untuk websitenya. Di Wikipedia juga ada informasi kalau blogger ketika di kembangkan oleh phyra lab (sebelum gabung ma google inc) menggunakan phyton. CMS blogger dari phyra lab itu jadi cikal bakal tampilan blogger yang kita ketahui sekarang.
      Untuk web besar yang menggunakan Wikipedia sebagai engine bisa dilihat di vip.wordpress.com. dari laman tsb kita bisa lihat penggunanya kebanyakan portal berita seperti NY Times dan CNN internasional.
      Mungkin WP digunakan untuk memudahkan mengatur berita dari para reporter mereka.

      Hapus
    3. Terima kasih kang untuk informasi tambahannya, sangat bermanfaat. :)

      Hapus
  2. Hemm...ternyata biaya hosting termurah cuma di Google. Cukup dengan membeli paket internet sesuai kantong. Saya justru sedang mencari informasi membuat server hosting rumahan, apakah di Indonesia sdh boleh dilakukan? Perangkat minimal apa saja yg dibutuhkan. Hemm....mungkin angan-angan saya terlalu jauh ya....hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagi saya bukan murah, tapi gratis kalau dari Google blogger mas, tapi nggak dapat domain doang masalahnya. Hehe..

      Hapus
  3. Saya bingung nih mas buat milih platform ngeblog. Kalau menurut mas lebih baik pakai blogger atau wordpress dan apakah mas nino pakai blogger atau wordpress?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disesuaikan aja sama kebutuhan mas. Tiap orang nggak pernah sama kebutuhan nya, makanya saya nggak bisa Jawab lebih spesifik. Utk pembelajar atau orang2 yang baru nyoba menekuni kegiatan blogging, menurut saya platform blogger Google paling tepat. Semoga membantu.

      Hapus
  4. Dalam penggunaan wordpress self hosted jadi kita harus membayar sewa hosting tiap bulannya ya qan..

    BalasHapus
  5. @VR : Iya, nanti tagihan hosting nya di informasikan kalau sudah masuk. Semoga membantu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau domainkan bayar sekali saja pertahun, apakah layanan hosting tidak bisa bayarnya pertahun juga ya?

      Hapus
    2. Paket hosting yang saya tau bisa di bayarkan sekali dalam setahun, sama seperti biaya sewa untuk nama domain. Tergantung jenis paket dan dimana paket hosting dipesan. Utk lebih detailnya, silakan langsung ditanyakan ke pihak web hosting terkait mas.

      Hapus
    3. Oke mas, selamat mencoba. :)

      Hapus

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.