Kuota Masih Ada tapi Tidak Bisa Internetan? Ini Solusinya! - Nino Artikel

Kuota Masih Ada tapi Tidak Bisa Internetan? Ini Solusinya!

Kuota masih ada (aktif) tapi tidak bisa digunakan untuk internetan? Padahal belum lama membeli perdana kuota, jaringan stabil, bahkan masa aktif kuota dan kartu masih panjang! Mungkin perdana kuota atau nomor anda terblokir otomatis, segera registrasikan nomor prabayar anda.

Format atau cara registrasi dan daftar ulang kartu prabayar yang masih ada kuota tapi tidak bisa internetan melalui SMS adalah sebagai berikut.

Kartu Prabayar Telkomsel
  • Pelanggan baru: REG<spasi>16 digit NIK#16 digit nomor KK#
  • Cara cepat registrasi dengan format panggilan *444*16 digit NIK*16 digit nomor KK#
  • Pelanggan lama: ULANG<spasi>16 digit NIK#16 digit nomor KK#
  • Kirim ke 4444
Kartu Prabayar XL dan Axis
  • Pelanggan baru: DAFTAR#16 digit NIK#16 digit nomor KK#
  • Pelanggan lama: ULANG#16 digit NIK#16 digit nomor KK#
  • Kirim ke 4444
Kartu Prabayar Tri
  • Pelanggan baru: 16 digit NIK#16 digit nomor KK#
  • Cara mudah dan cepat bisa menggunakan format panggilan *4444*1#
  • Pelanggan lama: ULANG#16 digit NIK#16 digit nomor KK#
  • Kirim ke 4444
Kartu Prabayar Indosat
  • Pelanggan baru: 16 digit NIK#16 digit nomor KK#
  • Pelanggan lama: ULANG#16 digit NIK#16 digit nomor KK#
  • Kirim ke 4444
Kartu Prabayar Smartfren
  • Pelanggan baru: 16 digit NIK#16 digit nomor KK#
  • Pelanggan lama: ULANG#16 digit NIK#16 digit nomor KK#
  • Kirim ke 4444
Setelah 28 Februari 2018, masyarakat diwajibkan melakukan registrasi nomor prabayar menggunakan NIK dan nomor KK, baik untuk pelanggan baru atau pelanggan lama.

Apakah anda berencana membeli perdana kuota? Ingat, daftarkan (registrasi) kartu prabayar anda agar kuota internet dapat digunakan.

Setelah berhasil melakukan registrasi kartu prabayar, anda akan mendapatkan apresiasi atas registrasi nomor prabayar berupa : Paket 10GB, 150 menit nelpon, 75 SMS all operator, hanya dengan Rp 10.
Apresiasi atas Registrasi Nomor Prabayar
Apresiasi atas Registrasi Nomor Prabayar
Semua paket murah tersebut bisa anda dapatkan sekaligus hanya dengan Rp 10 dan dapat digunakan di semua operator seluler dengan masa berlaku tertentu (tiap operator telekomunikasi tidak memberikan masa berlaku yang sama).

Ada 2 hal yang membuat sebagian besar orang bingung terkait peraturan registrasi nomor prabayar dengan validasi data Dukcapil:
  1. Apakah bisa melakukan registrasi nomor prabayar sebanyak mungkin dengan satu NIK dan nomor KK?
  2. Apakah menjamin bahwa nomor prabayar yang diregistrasikan menggunakan NIK dan nomor KK sendiri?
Dua hal tersebut belum saya temukan jawabannya. Maraknya penjualan perdana kuota internet murah, membuat masyarakat lebih suka melakukan registrasi kartu perdana kuota baru khususnya nomor prabayar.

Jika registrasi menggunakan satu NIK dan nomor KK dibatasi, maka ini akan menyulitkan masyarakat. Persoalannya adalah, siapa yang tahu bahwa data anda digunakan oleh orang lain untuk melakukan registrasi nomor prabayar?!

Kesimpulan

Cara mengatasi kuota yang masih ada tapi tidak bisa digunakan untuk internetan adalah dengan mendaftarkan kartu prabayar anda terlebih dahulu menggunakan NIK dan nomor KK.

Setelah nomor berhasil diregistrasi, kuota internet pada kartu atau nomor prabayar anda baru bisa digunakan kembali. Semoga bermanfaat.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

4 Responses to "Kuota Masih Ada tapi Tidak Bisa Internetan? Ini Solusinya!"

  1. Kebijakan pemerintah seharusnya memisahkan dua jenis kartu. Satu kartu yang wajib registrasi dan yang lain boleh digunakan bebas. Sehingga untuk urusan formal masyarakat menggunakan kartu yg diregistrasi. Akun yg berasal dari nomor teregistrasi akan dianggap valid dan yang lain hoax.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dipisahkan, regulasi yang ada justru kontradiktif dengan kebijakan atau peraturan yang dibuat oleh pemerintah mas. Menurut saya, sangat sulit untuk mengatasi oknum yang melakukan registrasi kartu prabayar dengan NIK dan nomor KK milik orang lain. Celah tersebut harus benar-benar dipikirkan oleh pemerintah, sehingga apa yang sudah ditentukan dapat berjalan sesuai harapan.

      Hapus
  2. Gimana yang jadi staff di sekolah ya Mz, semua siswa ngumpulin kk kalau ada siswa 1000 brapa juta nik yang terkumpul iiih serem 😊,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, kalau mau bisa aja tuh daftar kartu prabayar sebanyak 1000 tanpa perlu repot-repot pakai NIK dan KK sendiri mbak. Haha.. 😂

      Hapus

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.